Informasi

Robot Pendeteksi Gempa Hadir di Indonesia

Saat ini, gempa telah sering terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Indonesia memang rawan tertimpa bencana gempa bumi. Data tahun 2018 yang dikeluarkan BMKG, telah tercatat sebanyak 23 gempa yang merusak Indonesia dan memakan ribuan korban jiwa.

Hal ini membuat para anak bangsa  melakukan inovasi terkait fenoma tersebut. Seperti dikatahui baru- baru ini, mahasiswa Teknik Mesik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya berhasil mengembangkan robot pendeteksi gempa senilai Rp15 juta. Robot ini diklaim memiliki teknologi hybrid.

Robot hibrida yang dikembangkan sejak awal 2018 itu merupakan hasil ide ‘liar’ dari dari Program Studi Teknik Mesin Unika Atma Jaya, yaitu Yosua Kurniawan, Ferdinand Edlim, dan Febrian Andika.

Bentuk prototipenya diklaim mampu bergerak dengan roda dan berjalan seperti kaki. Hal ini juga membuat robot pendeteksi gempa dapat digunakan dalam lingkungan industri maupun lingkungan alam seperti goa, tanah, dan jalan berbatu.

Para mahasiswa awalnya hanya mengandalkan teknologi 3D printing dalam pengembangannya, sehingga masih banyak yang harus dilakukan untuk menyempurnakannya sehingga tugas untuk memberikan peringatan dini terhadap gempa bumi di Indonesia nanti bisa lebih maksimal.

Sumber : CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *