Informasi

Wah! Media sosial kini bisa dijadikan sebagai ladang pundi-pundi rupiah

Media sosial kini bisa dijadikan sebagai ladang pundi-pundi rupiah. Khususnya bagi mereka yang memiliki akun dengan banyak pengikut (followers).

Istilah influencer kini tak lagi asing di telinga pengguna media sosial. Influencer adalah mereka yang memanfaatkan banyaknya jumlah pengikut untuk mempromosikan sebuah merek (endorsement). 

Seorang influencer ternyata bisa meraup puluhan juta rupiah dalam sekali endorse. Hal tersebut diungkapkan oleh Grady Esmond, Head of Business Development Platform Allstars.id. Menurut Grady, ada beberapa kategori untuk selebgram ;

Pada tingkat paling bawah, ada nano influencer yang memiliki jumlah followers di bawah 10 ribu. Kemudian ada micro influencer dengan total pengikut mencapai 10 ribu hingga 100 ribu. 

Setelah micro, ada macro influencer dengan 100 ribu hingga 1 juta pengikut. Tingkat yang paling tinggi adalah mega influencer dengan total melebihi 1 juta followers. 

“Untuk selebgram sekelas mega influencer, satu kali posting bisa meraup untung mencapai Rp 50 juta,” ujar Grady. 

Tak hanya dari segi iklan, Instagram telah melahirkan sejumlah influencer atau artis selebgram yang semakin hari kian menjamur. 

Influencer atau yang biasa dipanggil selebgram ini punya emotional engagement. Artinya ketika mereka memasarkan sesuatu, maka ada kemungkinan para pengikutnya cenderung membeli produk yang ditawarkan tersebut,” pungkas Grady.