Tips & trik

Tips Menghindar dari Bahaya Phishing

Kejahatan di dunia maya atau online dapat menyerang Anda kapan saja, salah satunya yaitu Kejahatan Phishing.

Phishing adalah suatu cara penipuan untuk mendapatkan detail informasi akun tertentu melalui cara yang tidak sah, seperti melalui website tiruan maupun pop-up yang menyerupai website resmi perusahaan (misal paypal, ebay, dll).

Metode ini memanfaatkan pelaku yang berpura-pura menjadi orang lain dan berusaha mengelabui korban untuk mendapatkan informasi pribadinya.

Sejumlah bentuk phishing yang biasa digunakan adalah pesan teks, email, profil media sosial, unggahan, termasuk situs web palsu. Lalu bagaimana cara agar terhindar dari phishing?

Berikut ini cara mencegah menjadi korban phishing seperti yang dibagikan Facebook dalam keterangan resmi, Senin (8/7/2019).

1. Simpan Informasi Pribadi

Jangan pernah memberikan detail login kamu. Facebook tidak pernah meminta kata sandi pengguna dalam bentuk email termasuk mengirimkan kata sandi.

2. Jangan Menerima Permintaan Pertemanan dari Orang Asing

Seperti di dunia nyata, penipu biasanya berusah untuk menyamar sebagai temanmu. Karenanya, hindari permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal, sehingga dapat mencegah penipu menyebarkan spam di linimasa-mu.

3. Amankan Akun seperti Barang Berharga Lainnya

Ganti password kamu secara berkala. Hal ini dilakukan agar akunmu tidak dicuri penipu, terutama yang ingin memanfaatkannya untuk menghubungi kerabat dan temanmu.

4. Tinjau Aktivitas Akun dan Hapus Spam

Kamu dapat memeriksa riwayat login untuk mengetahui apakah ada aktivitas yang mencurigakan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memeriksa aplikasi terpasang yang memiliki akses ke datamu.

5. Cek Fitur Keamanan dari Facebook

Apabila kamu tidak yakin terhadap penawaran atau update meragukan, cek ulang keamanannya. Fitur keamanan Facebook menyediakan pengamanan ekstra untuk pengguna.

6. Ambil Tindakan dan Laporkan ke Facebook

Saat menerima email mencurigakan yang mengatasnamakan Facebook, kamu dapat melaporkannya ke [email protected] Apabila ingin melaporkan percakapan, kamu perlu mengambil screenshot terlebih dulu lalu mengirimkannya.

Sumber : LIPUTAN6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =