Tips & trik

Tips Membeli Smartphone melalui Online

Mungkin sebagian orang sudah membandingkan harga smartphone di toko online dengan toko oflline, kebanyakan harga smartphone pada toko online di bandrol dengan harga lebih murah di banding toko offline.

Kenapa bisa demikian? Apakah ponsel tersebut benar sama kualitasnya dengan yang dijual di store resmi?

Penyebab utama harga hp di toko online lebih murah di banding offline adalah faktor lokasi penjual.

Jika kita belanja online itu berarti kita bisa belanja di seluruh toko online indonesia maupun luar negeri, ambil contoh anda membeli hp baru di toko online jakarta, tentu saja lebih murah jika di banding dengan toko retail setempat atau toko offline yang berada di daerah terpencil atau kota kecil.

Hal ini terjadi karena jakarta pusat ibukota, sehingga banyak pemain besar dan distibutor berada disana, harga disana sangat bersaing dan terbilang murah karena mereka kejar target penjualan.

Yang kedua, kita pastikan dulu apakah benar smartphone tersebut memang garansi resmi atau bukan.

Karena banyak juga yang mengira bahwa garansi resmi itu asal dijamin ada garansi, walau belum tentu dari principal atau vendor resminya, yang kadang disebut sebagai garansi distributor.

Garansi resmi yang benar resmi, biasanya ponsel dibuat oleh pabrik di Indonesia, kecuali iPhone, Huawei tipe flagship, dan beberapa seri dari Oppo yang berharga diatas 5 juta.

Kalau ponsel distributor yang bukan garansi resmi kemungkinan lebih murah karena tidak membayar pajak resmi dan tidak melaksanakan aturan TKDN, dimana ponsel yang dibuat harus mengandung 30% kandungan dalam negeri.

Kalau ponselnya memang garansi resmi dan bisa dijual lebih murah di IG atau e-commerce, bisa jadi ponsel tersebut hasil pre order yang memiliki banyak bonus saat pre-order, seperti potongan cashback dan bonus. 

Ada pre order yang berbonus smartwatch, televisi, earphone wireless, dan lain sebagainya, yang harga bonusnya jauh dari 1 juta rupiah. Bisa jadi penjual hanya mengambil bonus dan cashback, kemudian menjual ponselnya lebih murah untuk cepat laku.

Tetapi memang ada juga yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli, terutama untuk ponsel-ponsel hi-end, dengan mengganti asesoris di dalamnya dengan yang palsu, kemudian menyegel dan wrapping ulang plastik pembungkusnya. 

Atau ada kemungkinan lain, e-commerce memang sedang bekerjasama dengan vendor ponsel untuk membuat program promo harga khusus, dan mungkin saja perbedaan harga didapat dari dukungan vendor dan subsidi e-commerce, operator, atau dukungan bank tertentu, sehingga berbeda harga dengan harga toko lain.

Sumber : detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 7 =