Tips & trik

Tips Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks

Baru-baru ini Microsoft menambahkan fitur baru pada layanan Office miliknya, Microsoft Word. Pengguna bisa mengubah audio atau suara menjadi teks dengan fitur baru ini.

Fungsi ini mirip dengan Live Transcribe yang dimiliki Google. Pengguna cukup berbicara melalui mikrofon perangkat, dan Word akan mengubahnya menjadi teks. Namun bedanya, fitur baru pada Microsoft Word ini juga bisa mengubah file audio atau rekaman menjadi tulisan.

Cara penggunaannya adalah pengguna cukup mengunggah file rekaman suara yang dikehendaki dan secara otomatis pembicaraan yang ada dalam rekaman tersebut akan diubah menjadi teks. Uniknya, kecerdasan buatan (AI) yang digunakan Microsoft juga bisa membedakan antara satu pembicara dengan pembicara lain yang ada di dalam rekaman tersebut. Sehingga hasil transkrip yang dihasilkan akan sesuai dengan siapa saja yang berbicara.

Fitur ini baru tersedia bagi pengguna yang berlangganan layanan Microsoft 365 dan bisa digunakan pada Microsoft Word versi online (web). Microsoft juga membatasi durasi ukuran file audio yang dapat diunggah, yaitu hanya lima jam untuk periode satu bulan.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah hasil rekaman rapat, wawancara, panggilan suara dan video, rekaman materi belajar, atau bahkan video YouTube dengan lebih cepat.

Fitur ini mendukung kapasitas file maksimal 200MB dengan berbagai format audio seperti MP3, MP4, WAV dan M4A.