Informasi

ASIAN GAMES 2018 : Uji Coba Layanan 5G

Asian Games akan segera berlangsung di Indonesia, selain sebagai momen kebangkitan prestasi olahraga, perhelatan Asian Games 2018 akan menjadi ajang unjuk gigi telekomunikasi Indonesia dengan menguji coba teknologi 5G.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan, uji coba layanan 5G akan dilaksanakan pada Asian Games yang dimulai 18 Agustus 2018. Ia berharap layanan ini akan menopang kecepatan akses internet selama pesta olahraga akbar se-Asia tersebut dilaksanakan.

Menurutnya, layanan 5G akan diuji coba di setiap venue cabang olahraga. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap jaringan internet selama menyaksikan pertandingan.

“Rencananya di venue seperti bulutangkis dan bola basket. Itu bisa dilihat pakai 5G. Bedanya apa? Itu bisa betul-betul kalau atlet lagi smash, bisa di-freeze langsung kelihatan. Kecepatannya jauh lebih tinggi,” kata dia di Jakarta, Minggu, 29 Juli 2018.

Demi menopang kecepatan layanan 5G, Rudiantara mengaku telah menyiapkan perangkat wifi dengan kecepatan 4 x 10GB saat pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Selain itu, penggunaan layanan 5G juga digunakan untuk mengoperasikan mobil otomatis tanpa sopir atau autonomous car, yang juga, akan diuji coba saat Asian Games. “Jadi, jangan kaget kalau lihat ada mobil jalan sendiri tapi enggak menabrak,” ungkapnya.

“Orang Indonesia senang foto dan video. Karena, telepon seluler enggak akan bisa nampung 80 ribu pada saat bersamaan. Jadi, kami bangun wifi dengen kecepatan 4 kali 10GB. Ini besar sekali. Gratis, enggak perlu registrasi. Tinggal klik saja langsung masuk ke wifi. Itu untuk pembukaan,” papar dia.

Sebelumnya, Rudiantara mengatakan, operator pertama yang akan melakukan uji coba layanan 5G adalah Telkomsel. Selain itu, XL Axiata dan Pemprov DKI Jakarta juga mengajukan uji coba 5G yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Sumber : VIVA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =