Tips & trik

Tips Mengubah PDF ke Word Agar Bisa Diedit

Kebanyakan mahasiswa sering mendapatkan tugas dari dosen. Ya, dosen memberikan segudang tugas ternyata memiliki tujuan yakni agar ilmu yang kamu dapatkan lebih terserap secara maksimal.

Nah biasanya tugas di selesaikan secara berkelompok dan berdiskusi. Berdiskusi bukan berarti meminta jawaban tugas ke temanmu. Dengan berdiskusi pastinya kamu akan bisa mendapat ilmu baru yang belum didapatkan dan juga bisa memberi ilmumu kepada teman, jadi ada take and give.

Dan yang paling penting namun sering dilakukan, hindari mengerjakan sistem kebut semalam. Di samping tidak baik untuk kesehatan karena begadang, mengerjakan tugas kuliah dengan sistem kebut semalam malah hasilnya menjadi tidak maksimal.

Cara Mengubah PDF ke Word

Di balik keribetan itu semua, sadar nggak sih kamu kadang ada referensi atau sumber yang formatnya PDF? PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Dokumen dengan format PDF memang tidak bisa kamu salin dan tempel pada halaman Word. Nah, tentu menjadi semakin sulit kan karena kamu harus mengetik ulang referensi atau sumber data. Padahal mungkin saja sangat panjang referensinya. Jalan satu-satunya adalah cara mengubah PDF ke Word agar bisa kamu salin referensi atau sumber data yang kamu butuhkan.

Tenang, jika menurut kamu cara penyelesaian satu-satunya adalah seperti itu. Maka, kamu sedang berada di laman yang tepat. Pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara mengubah PDF ke Word agar bisa diedit yang dapat langsung kamu praktikkan. Dengan cara ini diharapkan dapat mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk, dan pekerjaan kamu dapat selesai tepat waktu.

Berikut cara mengubah PDF ke Word agar bisa diedit yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019)

1.Menggunakan pdf2doc.com

Situs pdf2doc.com menyediakan fitur untuk convert file PDF ke Word secara gratis, sebenarnya masih banyak lagi situs untuk mengubah PDF ke Word, seperti smallpdf.com/pdf-to-word dan ilovepdf.com/pdf_to_word. Kurang lebih cara yang digunakan sama, kamu bebas mau memilih situs yang mana.

Berikut ini langkah-langkahnya.

• Buka situs PDF to Doc di URL berikut pdf2doc.com

• Setelah masuk, pada bagian tab, kamu pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.

• Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan diconvert, kamu bisa mengupload banyak file PDF untuk diconvert sekaligus.

• Tunggu proses convert sampai selesai. Kemudian download file yang sudah diconvert tadi dengan klik tombol download atau download all jika sebelumnya kamu mengunggah banyak file.

2. Menggunakan WPS Office atau Microsoft Office

Cara kedua ialah menggunakan WPS Office atau Microsoft Office, jika komputer kamu terpasang dua software tersebut. Cara untuk WPS Office sebagai berikut:

• Buka WPS Writter terlebih dahulu. Kemudian buka file PDF-nya.

• Masuk ke Menu Special Features dan Klik PDF to Word.Jika kamu pengguna Microsoft Office minimal versi 2013 caranya sama saja.

• Buka file PDF di Microsoft Office, jika muncul pop up klik OK saja dan tunggu hingga document terbuka dengan sempurna. Nah pada langkah ini, kamu sudah bisa langsung mengedit dokumen. Setelah itu kamu tinggal Save As dengan Ekstensi Word yang diinginkan, yakni doc atau docx.

3. Menggunakan Google Docs

Kamu pasti memiliki akun google bukan? Google tidak hanya sebagai search engine saja, namun juga memiliki fitur Google Docs yang sangat membantu. Nah, caranya kamu hanya perlu masuk ke akun googlemu saja, kemudian upload file PDF ke Google Drive buka dokumen PDF dengan Google Docs, kemudian save atau download sebagai docx, berikut caranya lebih rinci.

• Masuk terlebih dahulu ke akun Google, kemudian masuk ke Google Drive.

• Upload dokumen PDF ke Google Drive dan tunggu sampai proses selesai.

• Setelah upload selesai. Klik kanan pada file PDF yang akan di convert dan pilih Open With > Google Docs.

• Mulai di sini, susunannya mungkin sudah berubah, diperbaiki saja dulu dan jangan lupa disave sebelum diconvert.

• Untuk merubah file ke Word, klik File > Download as > Microsoft Word (.docx).

Uraian di atas adalah cara mengubah PDF ke Word agar bisa diedit yang bisa kamu gunakan. Amat sangat mudah bukan? Tinggal klik-klik dan sudah jadi dalam bentuk Word dan siap kamu edit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 1 =