Tips & trik

Syarat ‘Jeprat-Jepret’ untuk Google Maps Yang Menghasilkan Uang

Saat ini memotret bukan hanya hobi semata, tetapi juga dapat menghasilkan pundi – pundi harta. Seperti tren saat ini, fotografi 360 derajat. Hal itu diungkapkan salah satu fotografer , Tarbis Ribowo (29).

Bukan sekedar jepret, Tarbis merupakan salah satu kontributor Street View Trusted Photografer (SVTP), dan untuk mendapatkan sebutan tersebut ia harus menjalani serangkaian verifikasi untuk mendapatkan badge ‘trusted’ atau ‘terpercaya’ langsung oleh Google.

Tarbis tidak digaji oleh Google, melainkan di gaji oleh perusahaan yang ia kirimi proposal ataupun portofolio. Jadi foto-foto tersebut nantinya akan dimasukkan ke Google Maps agar saat ada pelanggan yang ingin berkunjung bisa menyaksikan gambar lokasi usaha tersebut jadi kemungkinan kecil untuk tersesat itu sedikit.

Perusahaan yang banyak memanfaatkan profesi ini antara lain hotel, restoran, toko atau bahkan taman bermain. “Jadi, kami sebagai kontributor Google Street View tidak dibayar oleh Google, pemilik hotel tersebutlah yang akan membayar kami, karena kami telah berhasil memberikan jasa yang sangat bermanfaat kepada mereka,” jelas Tarbis.

Nah, buat kalian yang ingin mendapatkan label ‘trusted’ dan bisa disebut sebagai Streetview Trusted Photographer, kalian bisa submit setidaknya 50 foto 360 ke Google Street View. Setelah itu, Google akan mengundang dengan mengirimkan email tanda memenuhi kualifikasi.

Dalam email tersebut, akan dijelaskan bahwa kamu mendapatkan kesempatan untuk dicantumkan dalam indeks terpercaya penyedia jasa fotografi lokal.


Setelah rangkaian pengisian formulir, lencana ‘terpercaya’ akan kamu dapatkan. Juga, nama dan brand akan terdaftar dalam daftar kontak profesional di laman resmi Google View.

Dikutip dari detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + nineteen =