Tips & trik

Tips Ketergantungan Smartphone

Di jaman yang serba online seperti sekarang ini nampaknya mustahil tidak menggunakan gadget atau smartphone, tapi mesti hati-hati supaya kamu tidak kecanduan main ponsel.

Dikutip dari detikinet, berikut ini adalah beberapa cara untuk terhindar dari kebiasaan ‘ketergantungan’ smartphone:

1. Ubah auto-lock settings

Jika kamu menyalakan ponsel hingga 5 menit lamanya, kamu bisa mulai menyetelnya untuk mati pada satu menit setelah tidak digunakan. Dengan begitu, kamu tidak ‘terpancing’ untuk scrolling lagi.

2. Batasi aplikasi yang kamu mainkan

Kamu bisa menghapus aplikasi mana yang terlalu menghabiskan waktu dan memang tidak terlalu penting misalnya game yang membuat kamu ‘kecanduan’ hingga mengganggu jam tidur.

Atau bila itu terlalu ekstrem, batasi waktu penggunaanya. Kamu bisa menggunakan pengaturan Apple bagi pengguna iPhone atau aplikasi lain yang dapat memantau berapa lama kamu bermain smartphone.

3. Jangan bawa ke kamar mandi

Kebiasaan yang nampaknya banyak dilakukan orang adalah membawa smartphone ketika mereka ke kamar mandi. Hentikan kebiasaan ini, selain mengurangi screen time, ini juga bisa menghemat banyak waktu daripada buang air kecil sambil main gadget.

4. Cek berapa kali kamu mengecek ponsel

Kamu bisa menghitung berapa kali kamu mengecek ponselmu dalam satu hari. Biasanya karena kebiasaan, kamu menjadi sering sekali meraih ponsel meskipun tidak ada satu pun kepentingan. Setelah itu berkomitmenlah untuk membatasi waktu mengecek ponsel setengah dari jumlah waktu biasanya kamu mengecek ponsel.