Berita

Si Pemberantas Penggandaan Data : Blockchain

Si Pemberantas Penggandaan Data : Blockchain

Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Anda dapat mengunjungi situs seperti blockchain.info yang akan memudahkan Anda untuk memantau apa yang terjadi di dalam blockchain Bitcoin tersebut.

Potensi dari teknologi blockchain sangatlah besar. Hal ini terlihat dari implementasi blockchain dalam berbagai perusahaan multinasional seperti Microsoft, IBM, dan Alibaba yang menggunakan fitur keamanan penyaluran dan distribusi data yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Dan hebatnya aplikasi ini dapat memberantas potensi penggandaan dan penipuan data. Hal ini disampaikan oleh Oscar Darmawan, Ketua Umum Asosiasi Blockchain Indonesia sekaligus pendiri INDODAX (bitcoin.co.id) dalam acara peluncuran Asosiasi Blockchain Indonesia, Rabu (21/3).

Untuk Indonesia, Oscar melihat potensi dari aplikasi teknologi blockchain ini sangat besar. Fitur teknologi ini yang memastikan data bisa tersebar secara efisien, efektif dan tidak memungkinkan manipulasi dan perubahan data bisa diaplikasikan di berbagai sektor. Misalnya untuk surat tanah, akta ijazah, bahkan sertifikat pendidikan tidak akan bisa diubah-ubah karena sistem blockchain memastikan datanya akan sama semua.

Maka di sektor data, teknologi blockchain bisa meminimalkan penipuan atau penggandaan data.
Bahkan dalam jangka panjang, teknologi blockchain bisa diaplikasikan untuk kebutuhan pemilihan umum karena bisa memangkas kemungkinan multiple vote.

Namun Oscar mengingatkan Indonesia bahkan belum bisa mengaplikasikan electronic vote, maka potensi di sektor ini masih tipis.

Sumber : Tribuntechno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *