Cara Mengatasi Ngantuk Setelah Nonton Piala Dunia

Saat ini ajang Piala Dunia 2018 tengah berlangsung di Rusia. Meski tidak dapat hadir di stadion langsung, Anda tetap bisa menikmati jalannya pertandingan melalui layar kaca. Sayangnya, pertandingan ini baru bisa dinikmati setelah pulang bekerja di malam hari bahkan hingga dini hari.

Hal ini kemudian akan berdampak pada kondisi mudah mengantuk keesokan harinya. Kondisi ini tentunya akan membuat pekerjaan terganggu. Namun, tidak usah khawatir. Dilansir Planetradio, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap segar setelah begadang menonton bola semalaman.

1. Olahraga 20 menit
Sebelum beraktivitas kembali di pagi hari, cobalah berjalan kaki atau joging ringan selama 20 menit. Hal ini dapat meningkatkan energi dan membuat Anda merasa lebih terjaga.

2. Tidur siang
Jika ada kesempatan di kantor saat jam istirahat, cobalah untuk memanfaatkannya untuk tidur siang. Namun, pastikan tidak lebih dari 25 menit dan pasanglah alarm untuk berjaga-jaga. Hal ini untuk menghindari kemungkinan Anda tertidur sepanjang sore.

3. Jauhi komputer
Jika menggunakan komputer untuk bekerja, istirahatkan mata dengan teratur. Menatap layar komputer untuk waktu yang lama tidak hanya buruk bagi mata tapi juga membuat mata lelah karena Anda tidak berkedip dan membuat mata kering.

4. Makan sehat
Meskipun makan camilan manis akan memberi tenaga dengan cepat, tapi juga akan membuat Anda merasa lesu. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang memberi energi lebih lama, seperti yogurt dan buah segar atau wortel dan rendah lemak.

5. Bangun pikiran
Jika daya berpikir mulai berkurang, mulailah membuat percakapan yang akan membangunkan pikiran. Subyeknya terserah Anda, tetapi disarankan pembahasan yang sedikit berat, seperti politik atau ide bisnis yang membuat otak bekerja.

6. Hidupkan lampu
Duduk di lingkungan yang redup akan membuat lebih lelah. Jadi, nyalakan lampu.

7. Tetap terhidrasi
Pastikan Anda tidak kekurangan air sepanjang hari. Hal ini juga sangat efektif untuk membuat Anda tetap fokus seharian.

8. Dengarkan musik
Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk tetap segar. Namun, pastikan Anda mendengarkan musik yang memberi semangat bukannya musik yang mendayu-dayu dan membuat semakin mengantuk.

9. Rangsang hidung dengan bau
Banyak minyak esensial akan membangunkan indera penciuman. Cobalah peppermint untuk meningkatkan energi atau cedarwood untuk mengaktifkan pikiran. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan losion dengan bau yang sama.

Sumber : TEMPO.CO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =