Informasi

Waspada! Malware Virus Corona Beredar

Virus corona tidak hanya menjadi ancaman bagi kesehatan dunia. Pasalnya, perusahaan keamanan siber menemukan sejumlah file berbahaya mengandung malware yang menyamar sebagai dokumen terkait virus tersebut yang marak beredar di internet. 

Baru-baru ini Kaspersky mendeteksi dokumen perihal Virus Corona yang disisipi oleh malware berbahaya. Malware berbahaya mulai dari trojan hingga worm tersebut ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx soal virus corona.

Kaspersky menjelaskan virus corona bisa menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

Nama-nama file menyiratkan bahwa dokumen berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya dan bahkan prosedur deteksi virus. Padahal dokumen ini tidak berisi hal yang disiratkan, malah berisi malware.

Produk Kaspersky mendeteksi file terkait “coronavirus” dengan nama-nama sebagai berikut:

Worm.VBS.Dinihou.r
Worm.Python.Agent.c
UDS:DangerousObject.Multi.Generic
Trojan.WinLNK.Agent.gg
Trojan.WinLNK.Agent.ew
HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Ivanov menduga jenis malware berkedok dokumen soal Virus Corona bisa bertambah banyak. Sebab Virus Corona hingga saat ini merupakan bahan pembicaraan yang sedang populer.

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya yang menyamar sebagai konten eksklusif, Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

1. Selalu menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.

2. Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.

Sumber : CNN Indonesia