Informasi

Fakta Menarik tentang Piala Dunia 2018

Fakta Menarik tentang Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 masih berlangsung hingga saat ini, 16 negara yang berhasil ke tahap selanjutnya akan memperebutkan 8 besar. Sebelumnya sebanyak 32 negara memperebutkan trofi bergengsi kompetisi empat tahunan ini di fase grup. Drama sepakbola pun terjadi pada fase grup.

Euforia Piala Dunia 2018 juga menjadi sejarah tersendiri bagi Negara Beruang Putih sebagai tuan rumah. Tak tanggung-tanggung, persiapan pagelaran empat tahunan ini dilakukan selama delapan tahun oleh Rusia. Selain itu, masih ada berbagai fakta menarik lain dalam Piala Dunia 2018. Berikut di antaranya.

1. Bola Resmi Piala Dunia

Adidas resmi meluncurkan bola yang digunakan dalam Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia pada 9 November 2017. Bola yang dinamakan ‘Telstar 18’ ini merupakan versi terbaru dari Edisi Adidas Telstar yang digunakan pertama kali pada Piala Dunia 1970. Pembuatan Telstar 18 pun didesain dengan teknologi terkini layaknya bola-bola khusus pada piala dunia edisi sebelumnya.

Nama Telstar sendiri terinspirasi dari Star of Television. Dahulu, desain Telstar sengaja dibuat berwarna hitam putih agar mudah terlihat di layar kaca televisi. Pasalnya, siaran televisi pada tahun tersebut masih berwarna hitam putih. Begitu pun Telstar 18 yang mempertahankan konsep hitam putih tersebut, hanya saja dengan pola lebih modern.

Pada Telstar 18, warna hitam pada pola dilengkapi gradasi warna abu-abu. Tidak lupa, logo Piala Dunia Rusia 2018 dan nama Telstar berwarna emas turut disertakan pada bola. Selain desain yang lebih modern, Telstar 18 dilengkapi Goal Line Technology yang menginformasikan wasit ketika bola telah melewati garis gawang.

2. Maskot Zabivaka

Pagelaran Piala Dunia tak akan lengkap tanpa kehadiran sebuah maskot. Pada Piala Dunia 2018, maskot bernama Zabivaka yang berarti ‘Sang Pencetak Gol’ dari bahasa Rusia pun hadir untuk meramaikan. Zabivaka digambarkan sebagai serigala sporty yang memakai kacamata. Penggunaan kacamata di sini juga memiliki makna bertambahnya tingkat akurasi di lapangan.

Maskot Zabivaka merupakan hasil kreasi siswa sekolah desain bernama Ekaterina Bochrova. Zabivaka memiliki filosofi yang memesona, yaitu percaya diri dan punya rasa sosial. Dalam laman resmi FIFA, Zabivaka adalah pemain sepakbola termuda dalam timnya. Zabivaka cepat, berani, berteknik, dan berkontribusi pada kemenangan tim.

3. Logo dan Poster Resmi Piala Dunia 2018

Selain maskot, logo resmi Piala Dunia pun menjadi hal yang tak boleh diremehkan. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, logonya terinspirasi oleh tradisi artistik Rusia. Logo tersebut merupakan cerminan sejarah pencapai serta inovasi yang berani. Warna merah, emas, hitam, dan biru pada logo menggambarkan ‘hati dan jiwa’ bagi negara tersebut.

Sementara itu, wujud bola pada logo berarti kecintaan dunia sepakbola. Dari keseluruhan komponen yang digunakan pada logo, makna magic dan dream berpadu satu dengan atribut tradisi Rusia.

Selain logo, FIFA juga resmi merilis poster Piala Dunia 2018. Berkonsep retro, poster buatan artis Rusia, Igor Gurovich turut memasukan sosok penjaga gawang legendaris Rusia, Lev Yashin sebagai komponennya. Disebut sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa, Yashin digambarkan sedang melakukan aksi penyelamatan. Jangan lupa, Yashin merupakan satu-satunya kiper yang berhasil mendapat Ballon d’or.

4. Stadion pada Piala Dunia 2018

Untuk mempersiapkan Piala Dunia 2018, Rusia melakukan pembenahan infrastruktur stadion sepakbola. Namun, tidak semua stadion digunakan dalam Piala Dunia 2018. Beberapa di antaranya markas klub besar Rusia, yaitu VEB Arena milik CSKA Moskwa dan VTB Arena milik Dynamo Moskwa.

Terdapat 12 stadion yang digunakan untuk 64 pertandingan, yaitu Stadion Luzhniki, Ekaterinburg, Kazan Arena, Spartak, Fisht, Kaliningrad, Saint Petersburg, Volgograd Arena, Nizhny Novgorod, Mordovia, Rostov, dan Samara.

Laga pembuka dan final Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Stadion Luzhniki. Sementara itu, ada Stadion Ekaterinburg yang cukup unik karena memiliki tribun tambahan sementara di luar stadion. Tak lupa, terdapat stadion yang merupakan area bekas pengembangan proyek luar angkasa Uni Soviet, Stadion Samara Arena.

5. Jersey Tsubasa

Banyak cara yang dilakukan para negara peserta untuk merayakan euforia Piala Dunia 2018. Salah satunya Jepang dengan merilis jersey yang terinspirasi dari animanga Captain Tsubasa. Federasi Sepakbola Jepang (JF) merilis jersey karya seniman La Casaca. Semangat Captain Tsubasa bisa menjadi inspirasi para pemain Samurai Biru berlaga pada Piala Dunia 2018.

Jersey yang didominasi warna biru ini menyisipkan unsur Captain Tsubasa. Selain itu, beberapa potongan gambar animanga Captain Tsubasa pun turut ada pada bagian nomor punggung jersey. Meski demikian, jersey tersebut tidak akan digunakan Shinji Kagawa, Shinji Okazaki, dan kawan-kawan pada Piala Dunia 2018 karena aturan ketat FIFA.

Dikutip dari : CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 5 =