Berita

Cara Mudah Membuat Komputer Menjadi Cepat

Banner_Tips&trick_id

Penggunaan komputer dalam periode yang lama membuat performa cenderung melambat. Perusahaan software anti virus Avast mencatat, dalam sejumlah kasus umumnya performa yang melambat ini malah bukan disebabkan dari faktor hardware, melainkan permasalahan sistem dan software. Ada tiga faktor yang membuat performa komputer melambat, driver yang usang, data pada harddisk yang berantakan, dan overheating atau terlalu panas. Setelah mengetahui faktor penyebab performa melamban, maka tidak afdol bila tidak dibahas bagaimana cara mengatasinya. Sedikitnya ada empat tips mengatasi performa lambat.

1. Tips pertama adalah hindari program yang membuat lambat. pilahlah program yang memang diperlukan, jika ada program yang tidak terpakai dalam waktu yang lam alebih baik dihapus.
2. Cara kedua adalah perbarui driver yang usang. Driver yang paling berdampak terhadap performa adalah kartu grafis dan chipset. Kartu grafis merupakan komponen hardware yang menghasilkan tampilan yang Anda lihat di layar komputer dan chipset berperan untuk adanya komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor.
3. Tips ketiga adalah melakukan defrag dan bersih-bersih komputer. Proses seperti instalasi, uninstall, menyalin (copy), dan memindahkan banyak data dapat membuat sususan data menjadi berantakan (cluttered). untuk memperbaiki permasalahan ini, Anda harus melakukan defrag pada harddisk. Klik Start, ketik defrag dan klik pada hasil pencarian untuk menjalankan program yang melakukan defragmentasi semua cluster.
4. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bersih-bersih komputer. Bersihkan debu yang menumpuk di dalam komputer agar sirkulasi udara bisa berjalan lancar.

Sumber : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-3487645/cara-mudahbikin-komputer-ngebutlagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *