Tips & trik

Tips Virtual Photoshoot dengan Smartphone

Situasi physical distancing saat ini membuat sebagian orang menjadi kreatif. Hal tersebut menciptakan tren baru di media sosial, salah satunya virtual photoshoot. Meski tak bertatap muka, pemotretan jarak jauh ini juga perlu teknik agar hasilnya maksimal.

Virtual photoshoot adalah pemotretan foto secara virtual menggunakan perangkat smartphone atau lainnya. Lalu apa saja langkah untuk virtual photoshoot menggunakan smartphone.

1. Harus ada model foto

Hal pertama yang pasti dibutuhkan adalah model. Kemudian, arahkan gaya model tersebut melalui video call.

2. Siapkan laptop dan smartphone

Dalam melakukan aktivitas video call, pastikan kamu menggunakan perangkat seperti laptop atau PC. Hal itu agar kamu memiliki bidang yang cukup untuk memotret saat sesi pengambilan gambar. Tak lupa juga, siapkan smartphone sebagai senjata untuk kamu memotret.

3. Pastikan koneksi internet stabil

Karena prosesnya melalui video call, salah satu unsur penting dalam virtual photoshoot ini adalah koneksi internet yang optimal. Selain itu, dibutuhkan koneksi internet yang baik agar kualitas gambar yang dihasilkan tidak pecah. Jadi, pastikan koneksi internet kamu dan model cukup stabil ya.

4. Siapkan properti foreground

Supaya pixel layar laptopmu tidak terlalu terlihat, sebaiknya siapkan properti tambahan untuk foreground. Istilah foreground biasanya diartikan sebagai latar yang letaknya di depan objek. Jika kamu pernah mengenal istilah background, maka pengertian foreground ini adalah kebalikannya.

Alat-alat yang bisa dijadikan sebagai properti foreground cukup sederhana dan bisa ditemukan di rumah, seperti plastik bening, gelas, bubble wrap, dan lain-lain.

5. Ekseskusi virtual photoshoot

Kalau semuanya sudah siap, kamu tinggal eksekusi saja. Arahkan gaya modelnya sesuai kreativitasmu. Tak hanya itu, spot yang apik dan pencahayaan yang baik juga akan menentukan hasil fotomu.