Tips & trik

Tanpa Aplikasi Begini Cara Ubah Dokumen Google Docs ke Microsoft Word

Google Docs adalah satu diantara banyak layanan penyimpanan yang mungkin sudah dikenal oleh para pengguna internet.

Fungsi dari Docs sendiri dapat digunakan untuk membuat data pencatatan tanpa harus menggunakan software yang dimiliki oleh Microsoft. Google Docs juga dapat digunakan dari berbagai media seperti smartphone ataupun komputer dan laptop.

Kamu hanya membutuhkan situs pencarian dan internet sebagai alat pengoperasian Google Docs. Namun, sering kali kita harus mengirimkan tugas kantor ataupun sekolah dengan format Word (.docx).

Untuk itu jangan khawatir karena Google Docs bisa diubah menjadi format docs tanpa menggunakan aplikasi.

Berikut langkah-langkah selengkapnya!

1. Buka Google Docs

Langkah pertama tentunya dengan membuka aplikasi Google Docs melalui smartphone atau laptop yang tersambung dengan internet dan bisa langsung kunjungi laman docs.google.com

Pastikan bahwa saat menggunakan Google Docs melalui situs, email milikmu sudah terpasang ya.

2. Pilih Dokumen

Selanjutnya, pilih dokumen yang ingin kamu ubah formatnya menjadi Microsoft Word (.docx).

3. Ubah Dokumen

Jika sudah, maka bagi kamu yang menggunakan Google Docs melalui :

  • Pengguna Smartphone, kamu bisa langsung klik logo titik tiga yang ada di sebelah judul dokumen lalu kamu bisa menggulirkan layar hingga menemukan pilihan “Simpan sebagai Word (.docx)”.
  • Pengguna Laptop, kamu harus membuka terlebih dahulu dokumen yang ingin diconvert ke Microsoft Word. Setelah itu, pilih menu ‘File’ yang ada di bagian kiri atas layar. Lalu, klik menu ‘Download’ dan nantinya akan keluar banyak opsi seperti Microsoft Word (.docx), Power Point (.pdf), hingga Web Page (.html).

4. Share ke Kontak yang Diinginkan

Kalau semuanya sudah dilakukan maka sekarang dokumen tersebut akan bisa langsung kamu kirim ke orang yang ingin kamu tuju.

Kamu hanya tinggal klik logo Share yang ada di layar, lalu pilih platform mana yang ingin menjadi media pengirimannya.

Cukup mudah kan untuk mengubah dokumen Google Docs ke Microsoft Word? Semoga tips dan trik ini dapat membantu kamu yang bingung menggunakan alternatif dari Microsoft Word ya!