Tips & trik

Tips agar Mata Tak Cepat Lelah Saat Tatap Layar Smartphone

Belakangan ini banyak dari kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di layar PC atau smartphone dibandingkan biasanya. Seperti diketahui, pandemi virus corona (covid-19) mengharuskan kita lebih banyak bekerja atau belajar dari rumah. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus. 

Disisi lain, menatap layar ponsel dalam waktu lama bisa membuat mata lelah dan berisiko mengganggu kesehatan mata. Supaya lebih aman, ada sejumlah cara untuk menyiasati agar melihat layar smartphone lebih nyaman. Berikut adalah tips agar mata tak cepat lelah, dikutip dari detikinet

1. Turunkan Kecerahan Layar

Saat di dalam ruangan, kecerahan layar dapat disetel serendah mungkin, karena tidak ada backlight dari cahaya lingkungan. Selain itu, bisa juga menggunakan penyesuaian kecerahan cahaya secara otomatis agar tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi lingkungan.

2. Gunakan Pelindung Layar

Terdapat produk pelindung layar yang memiliki filter cahaya untuk membuat layar lebih nyaman dilihat. Filter cahaya membuat layar sedikit redup tapi tidak menurunkan visibilitas pada layar smartphone.

3. Atur Jarak dan Pemakaian

Memegang smartphone terlalu dekat atau jauh membuat mata bekerja ekstra sehingga cepat lelah. Jarak ideal untuk melihat layar smartphone berkisar 30-40 cm dari mata. Selain itu, waktu pemakaian juga sebaiknya dibatasi jangan terlalu lama.

4. Banyak Berkedip

Menatap layar smartphone dalam waktu lama membuat mata kering. Hal itu terjadi karena tanpa disadari frekuensi berkedip berkurang saat melihat layar, dari normal 15-20 kali kedipan per menit menjadi setengahnya saja. Usahakan kedipkan mata sesering mungkin saat menatap layar smartphone.

5. Nyalakan Mode Pelindung Mata dan Dark Mode

Umumnya, smartphone modern memiliki fitur perlindungan mata. Fitur tersebut akan mengatur warna cahaya layar ke level yang paling nyaman untuk dilihat. Mode perlindungan mata membuat cahaya layar lebih teduh, tidak terkesan mencolok di mata sehingga tidak membuat mata cepat lelah. Fitur dark mode juga dapat digunakan untuk menekan jumlah cahaya yang diterima mata.