Informasi

Pentingnya Aktifkan PIN Setting di akun FasaPay

Pentingnya  Aktifkan PIN Setting  di akun FasaPay

Di dunia maya, akun-akun layanan online yang anda gunakan adalah aset penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Karena data-data seperti username dan password merupakan incaran utama para penjahat cyber.

Seperti halnya di rumah, anda memiliki beberapa barang berharga seperti perhiasan, TV, laptop dan sebagainya. Bahkan ada orang yang menyimpan perhiasan di dalam brankas dan memasukkannya ke lemari khusus yang dikunci agar keamanannya lebih terjaga. Password saja belum cukup untuk keamanan anda.

Tenang saja, di Fasapay ada 4 pilihan fitur keamanan yang di tawarkan kepada anda. Anda bisa memilih sendiri keamanannya dan bisa dipilih aktif pada layanan apa. Salah satunya Pin Setting.

Sebelum anda mengaktifkan fitur Pin Setting, silahkan membuat Master Code terlebih dahulu. Master Code (Kode Induk) adalah kode angka yang terdiri dari 6 digit.

Kode induk ini anda yang menentukan, tidak dibuat oleh sistem. kode induk dibutuhkan ketika anda akan merubah data di akun FasaPay anda. Sehingga dengan adanya Master Code, tidak sembarang orang bisa mengubah data anda.

Perhatian!! Mohon untuk mengingat-ingat Master Code ini karena FasaPay tidak menyediakan layanan reset untuk Master Code.

Setting Master Code ada di menu : Profil > Security Center.

Setelah Master Code di buat, saatnya membuat fitur PIN Setting. Anda bisa menambahkan PIN pada saat anda login di web/mobile/SCI.

Setting PIN Setting ada di menu : Profil > PIN Setting > Send to mobile. Untuk mengaktifkannya cukup dengan mengklik slider menjadi ON dan memasukkan Master Code. Begitu pula untuk menon-aktifkan. Anda bisa memilih PIN akan dikirim melalui Email, Mobile atau keduanya sehingga lebih privasi. Ada pula opsi tambahan Different IP only, akan ditanyakan PIN apabila anda login dari IP/Komputer yang berbeda.

Segera masukkan PIN yang telah diterima ketika anda akan login, masa berlaku PIN tersebut hanyalah 10 menit. Jika telah melewati waktu 10 menit maka PIN tersebut tidak dapat digunakan lagi dan anda harus mengajukan permintaan untuk PIN yang baru.

Jika password anda dicuri, akun anda akan tetap aman. Karena orang yang mencoba masuk ke akun anda tidak bisa tidak bisa mendapatkan PIN Setting tersebut karena tidak memegang ponsel atau email anda.

Password panjang saja tidak cukup

Jika belum mengaktifkan fitur PIN Setting pada akun FasaPay, sudah saatnya anda mengaktifkannya. Karena password yang kompleks dan panjang saja tidak cukup untuk mencegah hacker menyusup ke akun anda. Login melalui jaringan Wi-Fi yang tidak terenkripsi saat menggunakan hotspot publik juga bisa menjadi celah bagi hacker untuk mengintai akun anda.

Hacker juga bisa mengintip password anda menggunakan keylogger (program mata-mata yang dapat merekam apa yang anda ketikkan di keyboard). Atau hacker bisa melakukan teknik rekayasa sosial melalui phishing agar pengguna tertipu dan memberikan identitasnya.

Sayangnya masih banyak orang yang belum menggunakannya fitur ini. Kini saatnya Anda mengaktifkan Master Code dan Pin Setting. Akun aman, anda pun tenang.

Sumber : https://www.fasapay.co.id/features/security

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + fifteen =