Informasi

Verifikasi 2 Langkah di Gmail

Jumlah ancaman keamanan dan penipuan di internet semakin meningkat dari hari ke hari. Memberikan Password yang anda buat sekiranya cukup, tapi ternyata tidak. Meski anda sudah cukup rajin dalam memperkuat sandi, masih ada kemungkinan bagi para penjahat cyber, black-hat hacker atau cracker menemukan cara untuk memecahkannya.

Maka dari itu, satu langkah lagi yang harus anda lakukan untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau juga dikenal otentikasi dua faktor. Apa itu dan bagaimana caranya?

Verifikasi 2 langkah ini maksudnya menambahkan lapisan keamanan dengan meminta anda untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum anda dapat mengakses akun online anda.

Jadi, selain user ID dan password, anda juga butuh kode unik yang dikirim ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login.

Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik yang anda bawa, sehingga bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun anda.

Berikut cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun Google anda.

1. Login ke akun google anda melalui link berikut ini.
2. Kemudian pilih Sign-in & security.
3. Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah, klik 2-Step Verification.
4. Jika anda belum pernah mengaktifkan verifikasi 2 langkah, Silakan pilih GET STARTED untuk melanjutkan.
5. Untuk keperluan verifikasi, masukkan password google anda. Kemudian pilih NEXT.
6. Pilih nomor ponsel yang ingin anda gunakan untuk verifikasi 2 langkah. Dalam artikel berikut, saya hanya menambahkan 1 nomor ponsel saja di akun google saya. Jadi nomor ponsel akan terpilih secara otomatis seperti gambar dibawah. Pada kolom How do you want to get codes?, pilih Text message saja. Text message (kode verifikasi dikirim melalui SMS), sedangkan Phone call (kode verifikasi akan diberitahu melalui panggilan telpon). Selanjutnya pilih NEXT.
7. Google akan mengirimi anda kode verifikasi melalui SMS. Masukkan kode yang anda terima tersebut, setelah itu pilih NEXT.
8. Jika kode verifikasi yang anda masukkan benar, anda akan mendapati halaman seperti gambar dibawah. Kemudian pilih TURN ON dan verifikasi 2 langkah untuk akun google anda sudah aktif.

Agar anda tidak lagi diminta untuk memasukkan kode verifikasi lagi setiap anda ingin login, centang Don’t ask again on this computer. Centang bila anda menggunakan laptop atau PC sendiri untuk login ke akun google anda, bukan milik orang lain. Setelah itu pilih NEXT dan selesai (anda berhasil login ke akun google anda).

Jadi setiap ada orang lain yang masuk ke akun google anda dari perangkat yang tidak dikenali, halaman verifikasi 2 langkah ini pasti muncul dan meskipun orang tersebut tahu alamat email dan password anda, ia akan kesulitan karena harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu jika ingin login.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + four =