Informasi

Facebook-Google Bangun Kabel Internet Indonesia-AS

Facebook berencana membangun dua kabel internet bawah laut Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan, proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang digelar Facebook dan Google dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi lokal, bisa mendukung peta jalan digital Indonesia.

Luhut juga menyampaikan bahwa ke depannya kabel-kabel fiber optik tersebut bisa langsung menghubungkan Jakarta ke final destination.

Diketahui, dua kabel super panjang ini bakal menghubungkan Singapura, Indonesia dan Amerika Utara. Mengutip Reuters, proyek diselenggarakan bekerja sama dengan raksasa teknologi Google dan perusahaan telekomunikasi demi peningkatan konektivitas internet antar-kawasan. Proyek kabel internet bawah laut ini dinamai Echo dan Bifrost.

‘Echo’ dibangun melalui kemitraan Google Alphabet dan provider telekomunikasi XL Axiata. Rencananya proyek ini bakal rampung pada tahun 2023. Sementara itu proyek Bifrost dikerjakan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Internasional (Telin)–anak perusahaan Telkomsel Indonesia–dan perusahaan multinasional Singapura Keppel. Proyek ini diproyeksikan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Kabel bawah laut Echo dan Bifrost tidak hanya akan menjadi kabel jaringan trans-pasifik pertama yang melalui rute baru melintasi Laut Jawa, tetapi juga akan meningkatkan kapasitas trans-pasifik secara keseluruhan hingga 70%.

Source : detikinet