Tips & trik

Tips Jaga Kesehatan Mata di Era Daring

Selama pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan berbagai aturan, salah satunya adalah dilakukannya pembelajaran secara daring/online. Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai proses pembelajaran melalui internet. Nah, dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring ini memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dll untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.

Dengan adanya sistem pembelajaran daring, mau tidak mau kita harus menatap layar laptop/smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Jika mata kita menatap layar laptop/smartphone secara terus menerus maka dapat terjadi masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome. Masalah ini ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye/mata kering dan eyestrain/mata tegang/lelah.

Nah, lalu bagaimana caranya agar mata kita tetap sehat di era daring ini? Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan :

  • Gunakan gawai maksimal 2 jam dan jaga jarak minimal 40-50 cm
  • Kurangi tingkat kecerahan layar
  • Bila menggunakan gawai lebih 2 jam secara terus menerus maka terapkan Rumus 20-20-20 atau dengan relaksasi mata
  • Rumus 20 : 20 : 20¬†
    Setiap 20 menit menatap layar gawai, istirahatkan mata selama 20 detik, pandanglah benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 m
  • Relaksasi mata¬†
    dengan menggosok-gosok kedua tangan lalu letakkan hangatnya tangan diatas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis Anda