Keuangan

Milenial, Mau Jadi Generasi Melek Investasi? Yuk Cek di Sini

Generasi milenial sering sekali disebut sebagai generasi yang melek soal literasi digital, namun minim dalam hal literasi finansial. Hal ini melihat banyaknya anak muda yang masuk ke dalam jebakan finansial seperti nongkrong, sering order makanan online, hingga belanja secara impulsif. Hayo siapa ini?

Bahayanya jika terus dibiarkan, generasi muda tentunya akan terus terjebak dalam kondisi finansial sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhannya di masa depan. Agar tidak terjebak secara finansial, sebaiknya mulailah menggeser kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan berinvestasi di masa muda. Nah apa aja sih investasi yang bisa generasi muda coba? Yuk lihat dibawah 🙂

Macam-macam investasi yang harus kamu ketahui sebelum berinvest

  1. Deposito
    Deposito merupakan produk investasi yang disediakan oleh perbankan bagi para nasabahnya yang ingin meraih manfaat lebih selain dengan membuka rekening tabungan. Investasi dalam bentuk deposito dibagi menjadi sertifikat deposito dan deposito berjangka.
  1. Saham
    Perusahaan-perusahaan nasional dan besar internasional kelas banyak melakukan investasi dalam bentuk saham. Secara garis besar, saham merupakan bentuk lain dari aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Biasanya, saham dibuat dalam bentuk surat berharga untuk menunjukkan kepemilikan investor.
  2. Obligasi
    Obligasi umum ditemui pada bisnis yang mengakomodasi jasa pinjaman modal. Manfaat yang akan diperoleh dari investasi obligasi cenderung lebih tinggi dibandingkan deposito, mengingat bunga yang ditawarkan pun lebih tinggi. menginvestasikan Kendati modal demikian, finansial Anda pada obligasi cukup beresiko karena jika si peminjam modal bangkrut, kemungkinan besar utang modal yang Anda berikan tidak akan dibayarkan.
  3. Reksa dana
    Reksa dana investasi di masyarakat reksadana turut meramaikan kalangan umum. pebisnis Pada merupakan dunia dan dasarnya, tempat untuk menghimpun uang secara kolektif untuk kemudian dikelola oleh manajer. Seluruh manfaat dari kegiatan ini akan dibagi rata kepada semua investor yang bergabung. Tidak mengherankan jika kemudian reksadana disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya para investor.
  4. Emas
    Sebagian masyarakat Indonesia menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Jika dibandingkan dengan bentuk investasi riil lainnya, emas memiliki manfaat yang lebih beragam. Selain dalam bentuk perhiasan, investasi ini bisa berupa emas murni dan emas batangan.
  5. Investasi Properti
    Investasi properti termasuk dalam tipe investasi non riil lantaran tidak melibatkan uang secara langsung, melainkan berupa bangunan seperti gedung, rumah, atau apartemen. Investasi properti pun terusdiminati dikarenakan harga jual sebuah properti cenderung mengalami kenaikan.