Gaya hidup

Tips olahraga di kantor untuk melepas penat

Kamu tau ga sih. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko pegawai kantoran terkena bermacam-macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker dan obesitas loh.

Realisasi risiko ini mungkin akan menghampiri dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan. Ga mau kan hal ini terjadi? Yuk coba peregangan dengan cara ini

  • Bolak-balik duduk-berdiri
    Sebagai pemanasan, mudah saja. Anda tinggal bolak-balik ganti posisi dari duduk ke berdiri terus-menerus, tapi tanpa bantuan tangan. Mulai dengan duduk tegap dan kaki menjajak tanah membentuk 90 derajat. Tekan ke bawah dari tumit Anda, cobalah untuk tidak menggerakkan kaki ke kursi Anda atau gunakan lengan Anda (luruskan kedua tangan ke depan), dan usahakan bahu tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam posisi tegak tapi tidak tegang. Lalu coba berdiri.
  • Putar-putar bahu
    Duduk dalam posisi tegap. Tarik napas dalam-dalam dan angkat kedua bahu setinggi telinga Anda. Tahan sebentar. Lepaskan dan jatuhkan bahu ke posisi semula. Ulangi 3 kali.
  • Peregangan punggung
    Duduk dalam posisi tegap di pinggir kursi. Selonjorkan kedua kaki ke depan Anda. Turunkan badan untuk meraih jari-jari kaki kiri, tahan 10-30 detik. Perlahan kembali ke atas, turun lagi untuk meraih jari-jari kaki kanan. Lakukan bergantian sisi.
  • Peregangan kaki
    Duduk bersandar di kursi. Dengan kedua tangan, peluk dan tarik salah satu kaki ke atas menyentuh dada. Tahan posisi ini selama 10-30 detik. Ulangi untuk sisi satunya. Lakukan bergantian sisi.
  • Peregangan leher
    Duduk tegap di kursi Anda. Angkat tangan kanan ke atas kepala dan luruskan. Kemudian dengan tangan kanan tarik lembut kepala ke arah bahu sampai terasa ada sedikit peregangan pada otot leher. Tahan pose selama 10-15 detik. Bergantian sekali di setiap sisi.
  • Peregangan badan atas
    Duduk tegap di kursi Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala dan luruskan. Miringkan hanya tubuh bagian atas ke kiri dan dengan tangan kanan raih sisi tubuh kiri. Tahan posisi selama 10-30 detik. Ulangi untuk sisi lainnya, dan lakukan bergantian sisi.