Informasi

Mengenali Apa Itu Phising?

Pengertian Phising

Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

Cara Kerja Phising

Ketika kita tahu cara kerja phising maka akan lebih mudah untuk menghindarinya. Tahapan atau Cara kerja Phishing adalah sebagai berikut :

1. Dengan suatu cara si peretas membuat kita melakukan klik terhadap link situs palsu mereka, bisa dengan sebuah gambar menarik di media sosial, bujukan pada email dan lain sebagainya.

2. Setelah melakukan klik, kita akan di arahkan ke situs palsu yang mana pada situs tersebut terdapat form isian misalnya form login facebook dengan kata kata yang meyakinkan bahwa facebook kita telah logout dan meminta kita memasukkan username dan password kembali. kita yang tidak menyangka bahwa situs tersebut hanyalah tiruan akan mengisi saja username dan password tanpa curiga.

3. Apa yang kita masukkan ke form isian itu akan tersimpan di server si peretas. Jadi kita masih punya waktu untuk merubah password kita sebelum si peretas melihat username dan password kita di servernya.

4. Akun kita akan di ambil alih. peretas kemungkinan besar menggunakan akun kita untuk menyebarkan url psihing ke teman teman kita untuk mendapatkan korban yang lebih banyak.

Cara Menghindari Phising

Sebenarnya trik phishing ini sangat bergantung pada kehati-hatian dan kewaspadaan target.

web phishing sangat mudah di kenali sehingga jika kita sudah cukup berhati hati maka seharusnya akun kita tetap aman.

hanya satu saja yang perlu kita lakukan agar phishing tidak mempan terhadap kita, yaitu :

Cermati alamat atau url situs tujuan, pastikan url tersebut resmi atau tidak. pernah ada atau tidak.

sebagai contoh, alamat situs facebook.meretas.com sangat berbeda dengan meretas.facebook.com meskipun kelihatannya sama dan cuma di bolak balik saja tapi ternyata sangat berbeda.

pada facebook.meretas.com domain utamanya adalah meretas.com , sedangkan kata ‘facebook’ di awalnya nya adalah subdomain yang artinya adalah bagian dari situs meretas.com

Phishing yang paling sering ditemui biasanya adalah phising pada akun media sosial, situs palsu tersebut tersebar dengan menggunakan foto foto porno, memancing korban untuk mengkliknya, tidak jarang foto tersebut menyerupai sebuah video yang siap di klik. Maka dari itu sebaiknya cermati lagi alamat tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =