Informasi

Waspada! Aplikasi Netflix Palsu Bisa Bajak WhatsApp

Baru-baru ini Peneliti menemukan malware yang menyamar sebagai Aplikasi Netflix palsu di Google Play Store. Malware ini menyamar menjadi aplikasi bernama “FlixOnline”.

Aplikasi ini menjanjikan paket Netflix gratis, tetapi setelah pengguna menginstall, alih-alih mendapatkan akses Netflix gratis tetapi handphone pengguna malah terinfeksi malware yang bisa mencuri data dan kredensial, hal ini berdasarkan apa yang ditemukan analisis Check Point Research.

Malware ini dirancang untuk memantau pesan WhatsApp yang masuk ke ponsel dan membalas otomatis pesan tersebut. Pesan tersebut berisi tentang promosi Netflix. “2 Months of Netflix Premium Free at no cost For REASON OF QUARANTINE (CORONA VIRUS)* Get 2 Months of Netflix Premium Free anywhere in the world for 60 days. Get it now HERE [Bitly link].

Pesan itu juga berisi tautan yang jika diklik akan mengarahkan pengguna ke situs untuk mengunduh aplikasi Netflix palsu. Situs itu juga digunakan untuk phishing atau mencuri data pribadi seperti email, password dan informasi kartu kredit.

Untuk menghindari hal tersebut, Check Point pun menyarankan pengguna agar tidak hanya mengandalkan Google Play Protect saat menginstal aplikasi baru. Jika menerima tautan download aplikasi atau file yang mencurigakan lewat WhatsApp, meski datang dari orang yang dipercaya, sebaiknya berhati-hati.

Aplikasi ini beredar di Play Store selama dua bulan dan berhasil menjebak 500 korban. Check Point langsung memberitahu Google tentang temuannya dan aplikasi jahat itu langsung dihapus dari Play Store. Check Point juga memperingatkan bahwa malware ini tidak akan pergi begitu saja dan mungkin akan kembali dalam bentuk aplikasi lainnya.