Pasca Gempa Palu: 1.728 BTS Sudah Beroperasi

Proses pemulihan layanan telekomunikasi terus berjalan dengan 1.728 base transceiver station (BTS) telah beroperasi sejak terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018). Tiga operator seluer yang beroperasi yakni Telkomsel, Indosat dan XL sudah dapat berfungsi 49 persen dari seluruh coverage.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengungkapkan jumlah keseluruhan BTS yang sudah berfungsi pasca-bencana mencapai 1.728 BTS di seluruh wilayah Sulawesi Tengah. BTS ini mencakup 2G, 3G dan 4G.

“Tiga operator seluler yg beroperasi di Wilayah Sulawesi Tengah yakni Telkomsel, Indosat dan XL sdh dapat berfungsi 49 persen coverage,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (1/10).

Ferdinandus menambahkan saat ini ketiga operator seluler tersebut terus berupa melakukan recovery terhadap BTS yg masih down atau terganggu.

“Antara lain dengan menyediakan mobile back power sembari menunggu pasokan listrik dari PLN,” jelasnya.

Para operator pun telah menambah personil di lapangan dengan mengirimkan tim tambahan dari daerah sekitar Sulwaesi Tengah seperti dari Makassar, Palopo, dan Poso untuk mempercepat proses recovery BTS.

Pemerintah pun telah mengirimkan tambahan telepon satelit dan penggunaan internet satelit pascagempa dan tsunami Palu.

Sumber : CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =