Informasi Tips & trik

Tips Mudik Aman dan Nyaman

tips24juni_id

Memasuki minggu terakhir bulan Ramadan, banyak anak-anak sekolah yang sudah mulai libur dan para pekerja kantoran sudah mendapatkan cuti. Saat-saat inilah akan digunakan para pemudik untuk memulai perjalanan menuju ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama sanak keluarga.

Mudik membutuhkan stamina yang kuat. Apalagi bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Kemacetan akan membuat kondisi tubuh bahkan pikiran menjadi cepat lelah.

Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan perjalanan mudik supaya nyaman, aman, dan selamat sampai kota tujuan.
1. Manfaatkan teknologi
Google Map, Waze, Sygic, Wisepilot, dan aplikasi GPS lainnya dapat membantu Anda mengetahui kondisi jalan yang akan ditempuh. Selain itu, dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat mencari jalan alternatif sehingga terhindar dari kemacetan.

2. Siapkan musik favorit
Nah, jika sudah terjebak dalam kemacetan, biasanya para pemudik mudah sekali terpancing emosinya. Untuk menenangkan suasana hati yang sedang panas karena macet, Anda bisa menyiapkan lagu-lagu favorit yang akan membantu memperbaiki suasana hati.

3. Sediakan perbekalan yang Lebih
Selain kecelakaan, pasar tumpah dan kondisi jalanan yang rusak bisa menjadi penyebab kemacetan. Untuk itu, sediakan perbekalan berupa makanan ringan ataupun makanan berat untuk mengisi perut setelah berbuka puasa.

4. Periksa kendaraan sebelum perjalanan
Ini yang paling penting. Cek kondisi kendaraan dan servis mobil merupakan hal yang penting dan harus dilakukan oleh para pemudik. Kondisi mobil yang prima tentu akan siap menghadapi kemacetan dan medan yang tidak terduga saat mudik.

5. Beristirahat merupakan solusi terbaik
Jika Anda sudah menempuh perjalanan yang cukup lama dan merasa lelah, Anda harus beristirahat sejenak. Walaupun tidak mengantuk, badan yang lelah dapat mengganggu konsentrasi saat mengendarai mobil. Pinggirkan kendaraan Anda di lokasi-lokasi peristirahatan atau posko siaga terdekat.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2016/07/02/131741615/5.tips.ini.akan.membuat.mudik.lebaran.anda.aman.dan.nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =