Tips & trik

Tips Membuat Blog Gratis dan Dapat Menghasilkan Uang

Memiliki Blog yang pengunjungnya banyak pasti menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau Blog Anda sudah bisa menghasilkan uang, pasti senang banget kan.

Nah berikut ini tips dan cara agar Anda bisa menghasilkan uang melalui Blog.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat blog, yakni dengan membuka platform blog gratis yang bisa Anda gunakan, seperti WordPress, blogger milik google, dan sebagainya.

Cara Membuat Blog di WordPress

Membuat blog di WordPress juga cukup mudah. Caranya adalah :
Klik https://id.wordpress.com/create-blog/
Dan klik ‘Mulai blog anda’
Masukan alamat email, nama blog, dan kata sandi yang Anda inginkan.

Sebenarnya di tahap ini, blog Anda sudah selesai dibuat. Hanya ikuti langkah-langkah untuk mengisi tampilan blog saja.
Dengan memasukan Header Blog Anda, dan alamat blog, atau URL.

Selesai itu, Anda bisa mulai membuat konten-konten dalam blog tersebut.

Cara Membuat Blog di Google

Membuat blog di Google cukup mudah, asalkan sudah memiliki akun Google. Caranya adalah :
a. Login ke Blogger.com/about/
b. Pilih Creatte Your Blog
c. Masukan akun google Anda
d.Kemudian, Masukkan nama blog, alamat blog, atau URL dan pilih template.
e. Lalu Klik Buat blog.

Kemudian Anda bisa mulai membuat konten-konten dalam blog tersebut. Anda dapat mengelola siapa saja yang boleh mengedit dan membaca blog Anda. Anda juga bisa mengubah tampilan blog sesuai yang Anda inginkan.

Isi Konten

Tulislah konten yang bermanfaat, dan menarik, agar mudah ditemukan dan berguna bagi orang lain. Prinsipnya, konten sebuah blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah, serta mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi pembaca.

Hal yang harus Andahindari adalah menjiplak konten dari orang lain, atau menyebarkan informasi palsu. Maka dari itu, Anda perlu melakukan penelitian, atau pengumpulan bahan yang bisa Anda jadikan tema tulisan atau ulasan artikel blog.

Mencari Target Pembaca

Jika ingin menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki, mulailah untuk memikirkan target pembaca blog Anda. Anda bisa melakukan penelitian kecil dengan menjalin komunikasi, dan menanyakan pada pembaca, dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Sehingga blog Anda sesuai dengan sasaran pembaca.

Membangun Kedekatan dengan Pembaca

Respons setiap komentar di unggahan blog Anda, agar mereka merasa lebih dihargai. Lakukan apapun untuk membuat pembaca datang kembali ke blog Anda. Hal ini supaya mempertahankan traffic blog Anda, sehingga data statistik pengunjung blog Anda pun akan meningkat.

Misalnya, dengan cara memberikan kuis atau hadiah menarik. Bila perlu, mintalah pada pembaca untuk menyebarkan konten yang Anda tulis agar blog yang Anda miliki semakin dikenal oleh netizen.

Cara Menghasilkan Uang

Setelah selesai membangun blog, baik secara konten maupun pembacanya selanjutnyq adalah Anda harus mengenal dari mana sumber penghasilan dariblog.

a. Pendapatan dari Iklan

Umumnya, salah satu penghasilan yang bersumber dari blog adalah dari iklan yang Anda pasang. Prinsipnya sama seperti media lain, seperti koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan.

Semakin tinggi traffic blog yang Anda miliki, semakin mahal harga ruang iklan di blog Anda. Salah satu tips yang perlu Anda jalankan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog Anda.

b. Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah, menjadikan konten yang Anda tulis untuk mengarahkan pembaca, agar membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika Anda memiliki pembaca yang setia, kemungkinan pembaca blog Anda akan mengikuti rekomendasi yang telah Anda buat sangat besar.

c. Recurring Income

Yang dimaksud recurring income adalah, dengan cara menerapkan keanggotaan program. Itu artinya untuk member tertentu, mereka bisa mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar.

d. Jasa atau layanan

Blog yang Anda miliki pun bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan yang Anda miliki. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya Anda tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungi Anda. Berbeda halnya jika Anda menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.

e. Jual Produk

Produk-produk yang umumnya dijual oleh blogger adalah, berupa buku mau pun barang-barang yang sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku memang tergolong cukup memakan waktu, lantaran harus dipikirkan secara matang.

Namun keuntungannya jika Anda memasarkan sendiri melalui blog pribadi Anda, buku yang dijual tak akan dikenakan margin. Tidak seperti jika Anda menjual buku melalui sistem konsinyasi di toko buku.

f. Mengadakan Event

Bagi telah memiliki pembaca setia, bisa mengundang pembaca ke dalam event Anda dan menerapkan tarif. Dan dari sinilah Anda bisa mendapatkan pemasukan.

Bagi yang belum pernah membuat event sendiri, Anda bisa memulainya dengan event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan income dari tarif tiket, Anda pun bisa mencari sponsor event yang Anda buat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 20 =