Tips & trik

Tips Nyaman Tempuh Arus Balik Lebaran

Tips Nyaman Tempuh Arus Balik Lebaran

Jalur mudik saat arus balik Lebaran tak kalah padat dengan arus mudik. Ribuan, bahkan jutaan kendaraan rodan empat dan roda dua berebut kembali ke Ibu Kota. Padatnya arus balik seringkali bikin pengemudi naik darah dan ceroboh. Jika lalai, maut mengancam di depan mata. Berikut beberapa tips aman dan nyaman saat arus balik.

Pilih tanggal tepat
Menentukan tanggal arus balik sangat penting bagi pengemudi menentukan tanggal yang tepat. Pengemudi dapat memantau berita yang ada di televisi, online, radio, dan lain-lain terkait arus balik, untuk mengetahui perkiraan lonjakan pemudik yang akan kembali dari kampung halaman.

Siapkan fisik dan mental
Persiapan fisik dan mental saat arus balik penting diperhatikan karena kondisi fisik dan mental berpengaruh kepada kondisi psikis pengemudi. Dengan kondisi yang lebih prima, risiko perubahan emosi karena macet atau kelelahan akan lebih mudah untuk dihindari.

Cek kendaraan
Periksa kendaraan sebelum kembali dari kampung halaman seperti rem, oli, AC, sampai ban. Sebagai bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, penting bagi pengemudi memastikan ban dalam kondisi yang baik. Cek kondisi telapak, kompon, dan tekanan angin ban dalam kondisi layak jalan.

Lengkapi dengan GPS
Penggunaan GPS atau Global Positioning System saat mengemudi di arus balik terbukti sangat membantu pengemudi. Salah satu manfaat GPS dalam penentuan arah, dapat menjadi salah satu cara pengemudi dalam mencari jalan alternatif di tengah kemacetan saat arus balik terjadi. Ketahui berbagai manfaat dan keunggulan GPS di sini.

Hindari membawa barang berlebih
Saat kembali dari kampung halaman, biasanya pemudik akan membawa barang lebih banyak dari saat berangkat untuk mudik. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak memaksakan membawa barang terlalu banyak pada kendaraan karena hal ini akan berpengaruh pada kinerja kendaraan yang digunakan. Kendaraan yang membawa beban yang lebih berat akan bekerja dua kali lebih keras dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM yang pengemudi gunakan.

Cukup Istirahat
Penting bagi pengemudi untuk tidak memaksakan tubuh yang lelah untuk tetap mengemudi. Istirahat penting untuk dilakukan terlebih saat menghadapi perjalanan jarak jauh. Lakukan istirahat minimal 2 jam sekali atau bergantian mengemudi, agar tubuh tetap fit. Pastikan juga membawa makanan dan minuman yang cukup untuk menghilangkan rasa lapar selama mengemudi.

Hati-hati tindak kriminal
Selalu waspada dan sigap saat mengemudi di jalan, karena kejahatan dapat terjadi setiap saat. Saat akan beristirahat di pastikan lokasi yang dipilih aman. Pastikan sebelum beristirahat kondisi mobil dalam keadaan terkunci dan barang bawaan dalam kondisi aman.

Dikutip dari: https://www.suara.com/news/2016/07/12/112418/tips-nyaman-tempuh-arus-balik-lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *