Bos Teknologi Terpopuler 2017

Deretan bos teknologi yang menyita perhatian di sepanjang 2017, dikutip dari berbagai sumber. Di dunia teknologi, nama-nama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos hingga Jack Ma tentu tak asing. Mereka kerap menghiasi pemberitaan.

Di luar nama-nama besar di atas, ada nama lain yang ikut menyita perhatian dunia teknologi sepanjang 2017. Beberapa di antara mereka ada yang menyita perhatian karena sepak terjangnya, karir yang moncer, kekayaan berlimpah, terseret kasus, atau karena menjadi inspirasi bagi banyak orang.

1. Jack Ma

Sepanjang 2017, Alibaba terus berekspansi dan kian meraksasa. Tentu saja hal ini ikut membuat kekayaan dan karir sang pendiri Alibaba, Jack Ma, bersinar.

Uniknya, dengan kekayaannya yang saat ini mencapai USD 38,9 miliar atau sekitar Rp 522 triliun, malah membuat Jack Ma pusing. Dia mengaku tak punya waktu untuk berfoya-foya menghabiskannya.

Sosok Jack Ma juga dikenal inspiratif. Berbagai kalimat motivasi yang dikemukakannya di hadapan publik kerap menjadi pelecut anak-anak muda yang mendengarkannya untuk bisa berprestasi seperti Jack Ma.

Selain itu, di tahun ini, Jack Ma menjajal kemampuan akting dalam film berjudul Gong Shou Dao atau The Art of Attach and Defence bersama Jet Li, Donnie Yen, Sammo Hung, dan sejumlah nama besar lain di industri film.

2. Elon Musk

Elon Musk semakin memperlihatkan kecemerlangannya. Bos Tesla dan SpaceX ini sukses meluncurkan roket daur ulang. Ini adalah lompatan besar Space X dalam upayanya menurunkan biaya dan mempercepat penerbangan luar angkasa.

Musk terkenal memiliki banyak ide gila dan terobsesi dengan planet Mars. Dia ingin menjadi pembuka jalan agar manusia bisa menghuni planet tersebut. Mantan kekasih Amber Heard ini bahkan berencana menerbangkan mobil Tesla Roadster ke Mars.

Rencana ini tak sekadar bualan. Salah satu pegawai SpaceX, mengatakan, mengangkut mobil di Falcon Heavy sudah dalam rencana mereka.

3. Tencent Ma Huateng

CEO Tencent Ma Huateng di tahun ini makin berlimpah hartanya. Setelah menjadi orang terkaya di China menyalip CEO Alibaba Jack Ma, kini Huateng juga memepet harta kekayaan duet pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page.

Catatan Forbes menunjukkan, kekayaan Huateng mencapai sekitar USD 45,4 miliar. Itu adalah harta terbanyak yang dimilikinya karena belakangan harga saham Tencent melonjak drastis.

Pria berusia 47 tahun ini mendirikan Tencent pada 1998. Saat ini, Tencent adalah salah satu perusahaan terbesar di China. Layanan internet perusahaan yang berbasis di Shenzen ini sangat populer di China, antara lain Instant Messenger Tencent QQ dan layanan messaging WeChat.

4. Jay Y Lee

Nasib kurang baik menimpa Jay Y Lee. Penerus takhta ‘kerajaan’ Samsung ini harus mendekam di balik jeruji.

Pengadilan Korea Selatan menjatuhkan vonis penjara 5 tahun padanya, terkait serangkaian tuduhan seperti penyuapan mantan presiden, penggelapan dana, dan penyembunyian aset di luar negeri.

Meski demikian, kekayaannya malah terus bertambah seiring kejayaan Samsung Electronics. Sahamnya di Samsung Electronics memang di bawah 1%. Namun itu sudah cukup besar nilainya dan telah meningkat 45% sejak Lee ditahan.

Diperkirakan pundi-pundi kekayaannya bertambah USD 2 miliar atau di kisaran Rp 26,9 triliun. Dia juga memiliki saham di perusahaan Samsung lainnya.

5. Mark Zuckerberg

CEO Facebook Mark Zuckerberg diduga berencana masuk bursa Calon Presiden (Capres) Amerika Serikat (AS) di masa mendatang. Pasalnya, sepanjang 2017, Zuck rajin melakukan blusukan keliling Negeri Paman Sam.

Seperti gaya para politisi, salah satu orang terkaya di dunia ini pun tebar pesona. Dia berbincang dengan warga lokal dan menikmati makan bersama mereka.

Di sisi lain, Zuck juga menyita perhatian karena terseret dalam Pilpres AS yang memenangkan Donald Trump. Facebook menjadi bagian dari investigasi anggota parlemen dan Departemen Kehakiman AS terkait dugaan jejaring sosialnya berperan dalam kampanye Pilpres AS.

CEO Facebook Mark Zuckerberg membantah dugaan tersebut. Dia juga menyerahkan sebanyak 3.000 iklan politik pada parlemen AS. Iklan itu diduga didanai oleh pihak tertentu di Rusia selama kampanye Pilpres.

6. Jeff Bezos

Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos, sudah lama diperkirakan akan melampaui harta Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Di tahun ini, prediksi itu menjadi kenyataan.

Data kekayaan Jeff Bezos saat ini, menurut Forbes nyaris USD 100 miliar, tepatnya USD 98,9 miliar, meninggalkan kekayaan Gates yang ‘cuma’ USD 90,4 miliar.

Melonjaknya kekayaan Bezos didukung oleh moncernya harga saham Amazon. Kekayaannya naik nyaris USD 9 miliar karena harga saham Amazon melonjak lebih dari 11%.

7. Zhou Qunfei

Sosok Zhou Qunfei menjadi inspirasi. Kisah CEO Lens Technology ini patut menjadi teladan. Kerja kerasnya mengantarkannya dari buruh pabrik menjadi wanita terkaya di China.

Berdasarkan catatan Forbes, Zhou kini menduduki posisi 30 manusia terkaya di jagat teknologi. Harta wanita bersuai 44 tahun ini diestimasi USD 7,5 miliar.

Lens Technology adalah produsen komponen layar sentuh untuk perusahaan seperti Samsung dan Apple. Perusahaan yang berbasis di China ini tercatat mempekerjakan puluhan ribu karyawan.

Prestasinya ini pun membuatnya kian terpandang di jagat teknologi. Zhou sering bolak-balik dari China ke Silicon Valley untuk bertemu eksekutif Apple dan Samsung, dua klien utama yang memesan begitu banyak layar sentuh ke perusahaannya.

8. Travis Kalanick

Juni 2017, Travis Kalanick akhirnya mengundurkan diri dari posisi CEO Uber, perusahaan yang didirikannya. Berakhirlah kisah CEO yang banyak kontroversi namun tinggi pula prestasinya ini.

Kalanick mundur karena tekanan dari investor Uber. Sebelumnya Kalanick hanya cuti sementara dan masih menjabat posisi CEO. Namun grup investor yang memegang porsi besar saham Uber memintanya pensiun saja dan disanggupi Kalanick.

Kalanick sukses membesarkan Uber yang ia dirikan bersama rekannya, Garret Camp pada Maret 2009. Namun seiring Uber berkembang pesat dan menjadi startup termahal di dunia, beragam kontroversi justru mewarnai.

Di sisi lain dia dikenal temperamental. Sikapnya yang kadang kurang menyenangkan belakangan terekspos ke publik. Kalanick diketahui pernah menulis panduan hubungan seks para karyawan Uber dan marah-marah pada sopir Uber yang memprotes perubahan tarif.

9. Snapchat Evan Spiegel

CEO Snapchat Evan Spiegel masuk dalam daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes. Kekayaannya kini setara dengan Presiden AS Donald Trump. Spiegel memiliki kekayaan sebesar USD 3,1 miliar atau setara Rp 41,2 triliun.

Snapchat yang diciptakannya merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim pesan foto lewat smartphone. Aplikasi ini dibuat Spiegel bersama teman kampusnya, Bobby Murphy (29), pada 2011. Saat itu keduanya masih sama-sama kuliah di Stanford University.

Selain soal kekayaan dan prestasinya, Spiegel juga menjadi sorotan karena menikahi model Victoria Secret Miranda Kerr. Pernikahan Spiegel dengan Kerr menarik perhatian tak hanya karena sosok keduanya, tetapi juga karena perayaannya yang sederhana dan berkesan.

Pernikahan dilakukan secara private, dengan hanya mengundang kurang dari 50 orang terdekat. Sebagian besar undangan adalah kalangan seleb tech dan model.

10. Bill dan Melinda Gates

Pasangan Bill dan Melinda Gates tetap menjadi idola sepanjang masa di jagat teknologi. Hampir segala hal berkaitan dengan pasangan ini menjadi perhatian. Kesederhanaan dan kedermawanan mereka juga menjadi inspirasi.

Tahun ini, Bill Gates berulang tahun ke-62. Bertepatan dengan ultahnya pula, Gates tidak lagi menjadi orang terkaya dunia karena telah disalip pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos.

Harta terkininya USD 90,4 miliar, kalah dari Bezos dengan USD 98,9 miliar. Sebagian orang tentu menganggap itu adalah kado pahit bagi seorang Gates. Namun sepertinya, Gates tak peduli.

Dikutip dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-3788113/bos-teknologi-paling-menyita-perhatian-2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + six =