Tips & trik

Panduan Isolasi Mandiri di Rumah Saat Kena COVID-19

Beberapa minggu ini kasus Covid-19 meningkat tajam, banyak rumah sakit yang sudah melebihi kapasitas. Hal ini menyebabkan beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala atau hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan sakit tenggorokan harus melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Banyak pasien yang bingung dan khawatir tentang apa yang mereka harus lakukan agar cepat sembuh dari Covid-19. Agar cepat sembuh pasien diminta untuk tetap tenang dan tidak panik.

Spesialis Paru dan Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta dr Dewiyana Andari Kusmana, SpP (K) mengatakan pasien positif COVID-19 yang tenang akan jauh lebih mudah penyembuhannya dibanding mereka yang gelisah.

“Jangan panik, yang membuat hormon berantakan, lambung iritasi, nadi hipertensi, psikis gelisah. Itu mengacaukan semuanya,” papar dr Dewiyana dikutip dari laman Satgas COVID-19.

Nah berikut tata cata isolasi mandiri di rumah jika positif COVID-19 dikutip dari laman Kemenkes:

  • Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan
  • Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat
  • Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19
  • Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga
  • Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.
  • Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.
  • Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit)

Dan perlu diingat hal penting yang harus dilakukan saat isolasi mandiri di rumah adalah memantau gejala. Jika mengalami gejala berat, seperti sesak dan demam tinggi, hubungi petugas kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut.