Informasi

Jenis Aplikasi Android Untuk Mudik Lancar dan Makin Asyik

Tak terasa bulan puasa tahun ini sudah mau berakhir. Menjelang lebaran, umumnya masyarakat di Indonesia akan disibukkan oleh beragam kegiatan, termasuk mudik.

Mudik memang sudah menjadi tradisi tahunan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Dengan beragam cara dan alasan, mudik lebaran selalu menjadi suatu hal yang diusahakan untuk dijalani.

Tahun ini mudik pun akan diprediksi tetap bakal menjadi aktivitas padat dipenghujung bulan Ramdhan. Untuk Anda yang tahun ini juga akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar lancar. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, Anda kini bisa mempersiapkan mudik Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Adanya beragam aplikasi android yang ada pada smartphone sekarang, Anda akan terbantu untuk memudahkan urusan pulang kampung tersebut. Berikut beberapa daftar aplikasi mudik yang akan menjadikan mudik Anda kian maksimal dan asyik.

1. Aplikasi Pemesanan Tiket pesawat dan Kereta Api

Aplikasi pertama untuk mudik lebih seru dan asyik adalah aplikasi pemesanan tiket dan hotel. Namanya mudik tentu anda membutuhkan transportasi untuk sampai ke kampung halaman. Umumnya transportasi yang paling diburu masyarakat untuk mudik lebaran adalah kereta api dan pesawat.

Pemesanan tiket yang bisa dilakukan jauh-jauh hari membuat Anda harus sesegera mungkin memesan tiket sebelum kehabisan. Dari alasan inilah Anda sebaiknya memiliki aplikasi-aplikasi yang berkaitan pemesanan tiket secara online agar lebih mudah.

Beberapa aplikasi android yang melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api adalah tiket.com, Indonesia flight, KAI Accsess, Traveloka, PadiTrain dan PadiAir. Semua aplikasi ini akan menawarkan kemudahan pembelian tiket pesawat dan kereta api secara online. Harga promo yang jauh dari harga standar pun bisa Anda dapatkan dari layanan aplikasi ini jika Anda memesannya lebih cepat jauh-jauh hari sebelum musim mudik tiba.

2. Aplikasi Android Penunjuk Arah dan Peta Lokasi

Bagi Anda yang merencanakan mudik dengan kendaraan pribadi, Anda juga perlu membutuhkan aplikasi pendukung mudik. Aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi merupakan aplikasi wajib bagi mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi. Dengan adanya aplikasi ini, Anda akan terbantu untuk menentukan jalan terbaik yang bisa Anda tempuh dalam perjalanan ke kampung halaman.

Apalagi saat ini jalur mudik selalu ramai dan tidak pernah sepi hingga beberapa menimbulkan kemacetan. Tentu dengan menggunakan aplikasi penunjuk arah ini maka Anda akan bisa menghindari kemacetan dan menggunakan jalur lain yang lancar.

Beberapa aplikasi android yang menawarkan layanan penunjuk arah dan peta lokasi yaitu Google Map, Waze Social GPS Maps & Traffic serta LewatMana. Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan tujuan pada fitur pencariannya. Secara otomatis, peta beserta rute perjalanan akan tersedia.

Jika Anda menggunakan aplikasi Waze, Anda akan memperoleh informasi penting di jalanan yang akan Anda lewati secara real-time. Dengan aplikasi waze, Anda juga bisa memberikan informasi seputar keadaan jalanan dan lalu lintas yang telah dilewati pada pengguna lainnya. Dengan demikian perjalanan Anda pun akan menjadi lebih lancar. Beda lagi dengan aplikasi LewatMana. Saat Anda menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memantau jalanan dengan video streaming yang terintegrasi dengan pantauan CCTV milik TMC Polda Metro Jaya secara real time.

3. Aplikasi untuk Memaksimalkan Perjalanan Anda

Terakhir, aplikasi android yang bisa Anda jadikan andalan untuk mudik adalah aplikasi untuk memaksimalkan perjalanan. Namanya perjalanan, kita tidak ada yang tahu hal-hal yang ada di dalamnya, karena tidak selamanya perjalanan bisa lancar, termasuk saat mudik. Maka untuk itulah Anda memerlukan aplikasi yang bisa membantu memaksimalkan perjalanan mudik Anda menuju kampung halaman.

Aplikasi android seperti TMC Polda Metro Jaya adalah salah satu pilihan Anda. Dengan aplikasi TMC Polda metro Jaya ini Anda akan mendapatkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran.

Selain itu ada juga aplikasi Tips P3K yang menampilkan informasi mengenai pertolongan pertama untuk orang lain dan diri sendiri saat Anda benar-benar membutuhkannya saat dalam perjalanan. Aplikasi lain seperti DU Battery Saver mungkin juga bisa membantu Anda untuk bisa membuat baterai #smartphone Anda jauh lebih hemat dan bertahan lebih lama.

Sumber : Maxmanroe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *