Tips & trik

Kode Rahasia di Android yang Harus Kamu Tahu Jika Beli Smartphone Bekas

Kode Rahasia di Android yang Harus Kamu Tahu Jika Beli Smartphone Bekas

Membeli smartphone Android bekas memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Mendapatkan smartphone bekas yang masih mulus, apa lagi dengan harga yang murah merupakan bagaikan menemukan sebuah harta karun.
Namun, jika kamu ingin mendapatkan barang yang mulus dengan harga murah, pastinya perlu pengamatan ekstra. Selainmengeceknya secara manual, kamu juga harus memeriksa smartphone bekas itu dengan cara lebih lanjut, yaitu dengan menggunakan kode-kode rahasia, khususnya untuk smartphone Android.

Berikut adalah kodenya :

1. *#06#- Cek IMEI
Walaupun banyak yang menganggap nomer IMEI itu tidak penting, tapi sebenarnya nomer ini bisa digunakan ketika membeli smartphone bekas. Dengan mengecek nomer IMEI, kamu bisa tahu apakah barang yang kamu beli itu asli ataukah cuma abal-abal saja.

2. *#*#4636## – Tes Jaringan
Tes smartphone bekas yang ingin kamu beli dengan SIM Card smartphone yang kamu punya sekarang. Lalu tekan kode tersebut untuk masuk ke mode tes jaringan. Jika jaringan yang dimiliki smartphone bekas sama dengan smartphone baru kamu, berarti hardware penangkap sinyal smartphone bekas itu masih berfungsi dengan baik.

3. *#*#0673## – Cek Audio
Pembeli smartphone bekas terkadang suka lupa untuk mengetes audio, baik itu dengan cara manual ataupun dengan cara kode rahasia. Kode ini dapat menunjukkan apakah kualitas audio dari smartphone yang akan kamu beli masih bagus atau sudah bermasalah.

4. *#*#0842## – Cek Getar dan Lampu Belakang
Jangan lupa juga untuk mencoba masuk ke mode tes getar enter link description here dan lampu belakang. Apakah kedua fungsi dari fitur-fitur ini masih bekerja dengan baik atau tidak.

5. *#7353# (Samsung Galaxy) – Quick Test Menu
Jika kamu ingin membeli smartphone bekas merek Samsung, kamu juga bisa melakukan serangkaian tes dengan menggunakan kode rahasia ini. Di kode ini, kamu bisa tes kamera, audio, kamera, layar, dan lainnya.

6. *#0000#* (Samsung Galaxy) – Cek Asli atau Palsu
Perlu kamu ingat, sudah banyak smartphone Samsung palsu yang beredar di pasaran. Untuk terhindar dari penipuan, ada baiknya kamu mencoba tes dengan kode ini.

7. *#0*# – General Test
Sebenarnya tes ini sendiri sudah mencakup banyak hal, seperti tes layar, tauchscreen, speaker dan LED. Tapi tidak semua smartphone Android bisa mengakses kode rahasia ini.

8. *#*#7780## – Factory Reset
Ketika serangkaian tes yang kamu uji sudah berhasil terlewati oleh smartphone bekas yang mau kamu beli, tekan kode rahasia berikut untuk factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Jika salah satu atau sebagian tes yang disebutkan di atas ada yang tidak lolos, lebih baik kamu tanyakan kembali ke penjualnya. Jangan sampai kamu menyesal di akhir karena tidak komplain ketika tes smartphone-nya ya!!

Dikutip dari : https://jalantikus.com/tips/kode-rahasia-di-android/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *