Berita

Tren Era Bisnis Digital

Dimasa kini, perusahaan mengadopsi perangkat mobile (enterprise mobility) untuk meningkatkan performa bisnis, membantu proses pengambilan keputusan di kantor, dan pengumpulan serta penyampaian informasi yang akurat dan real-time.

Meski banyak manfaat, namun, di mata pakar marketing Rhenald Kasali, kegiatan berbasis teknologi mobile mendatangkan berbagai tantangan bagi perusahaan. menurutnya “Pasti ada tantangan seperti masalah keamanan data, biaya, dan kompleksitas pengelolaan di tengah cepatnya perubahan teknologi”.

Rhenald, yang juga pendiri Rumah Perubahan ini juga membahas mengenai era disrupsi (perubahan dinamis) yang didorong oleh kehadiran teknologi digital dan menyebabkan perubahan radikal terhadap model bisnis tradisional. Dengan begitu, tidak lagi relevan menjawab kebutuhan konsumen dan peranan teknologi mobile di dalamnya.

Berdasarkan lembaga riset pasar, International Data Corporation (IDC), dari 1.350 organisasi di seluruh dunia, pemicu utama dari adopsi strategi mobilitas di perusahaan adalah keinginan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. IDC juga mencatat bahwa implementasi enterprise mobility pada perusahaan di Asia Pasifik sudah masuk ke dalam kategori mature (pengalaman), seiring bergesernya peranan teknologi mobile dari sekadar device centric menjadi penggerak bisnis dan digital workspace.

Dikutip dari : http://www.viva.co.id/digital/digilife/953811-era-bisnis-digital-di-mata-rhenald-kasali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 10 =