Informasi

Google Luncurkan Android 10 Go Edition

Dikutip dari LIPUTAN6, Baru-baru ini Google meluncurkan Android Go versi terbarunya yaitu Android 10 (Go Edition) yang merupakan Os ringan terbaru yang bisa ditujukan untuk RAM kurang dari 1,5 Gb. Selain itu, Google juga mengklaim turut meningkatkan kecepatan dan keamanan di Android Go terbaru ini.

Lewat Android 10 Go, perusahaan untuk kali pertama membekalinya dengan Adiantum. Sekadar informasi, Adiantum merupakan standar enkripsi baru dari Google yang ditujukan untuk perangkat kelas bawah.

Adapun sistem ini pertama kali diperkenalkan pada awal 2019. Google menuturkan, Adiantaum memiliki kemampuan lima kali lebih cepat dari sistem enkripsi AES yang biasanya ada di perangkat Android kebanyakan.

Sejak diperkenalkan pada 2018, Google menuturkan Android Go sudah digunakan di 1.600 perangkat yang berasal dari 500 manufaktur dan tersedia di lebih dari 180 negara.

Selain itu, Android 10 Go juga akan membuat konsumsi memori untuk aplikasi jadi lebih efisien. Google turut meningkatkan sektor keamanan data dengan mengusung sistem enkripsi Adiantum. Sistem itu diklaim bisa melindungi data tanpa mempengaruhi performa ponsel atau membutuhkan hardware lainnya.

Dengan Adiantum, Google ingin meyakinkan pengguna ponsel entry-level bahwa data mereka tetap aman tersimpan di ponsel. Pembaruan aplikasi di Play Store juga dijanjikan akan lebih up to date. Android Go juga memiliki fitur untuk membaca teks berbasis kecerdasan buatan (AI).

Google akhirnya resmi menggulirkan Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Sebelumnya, versi terbaru ini memiliki nama Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Android 10 sendiri hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, mulai dari teknologi, sistem keamanan dan privasi, termasuk desain. Salah satu fitur yang tersedia adalah dukungan bawaan untuk perangkat layar lipat.

Selain itu, navigasi berbasis gestur juga tampil baru dan membuat pengalaman memakai smartphone lebih baik. Fitur lain yang tidak kalah ditunggu-tunggu kehadirannya di Android adalah Dark Mode.

Beberapa pembaruan yang juga hadir di Android paling anyar ini adalah peningkatan fitur adaptive battery, update sistem dan keamanan yang lebih cepat, termasuk kontrol privasi yang lebih menyeluruh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 1 =