Tips & trik

Tips Ubah Ponsel Jadi Webcam

Pandemi virus corona SARS-Cov-2 saat ini mengubah kebiasaan masyarakat, dari meeting offline menjadi serba lewat video conference. Webcam pun kadang dibutuhkan, tapi buat apa beli kalau kamu punya ponsel Android yang nganggur di rumah?

Berikut cara mengubah ponsel menjadi webcam secara gratis, dikutib dari detikcom:

1. Unduh aplikasi dari Google Play Store di ponsel Anda. Ponsel kamu harus menjalankan Android 5.0 atau lebih tinggi. Untuk memeriksa, buka Pengaturan> Tentang Telepon> versi Android

2. Unduh Windows client (http://www.dev47apps.com/droidcam/windows/) di PC lalu ikuti instruksi pemasangan

3. Setelah muncul ikon DroidCamApp di desktop, klik dua kali untuk membukanya. Buka aplikasi di ponsel Android juga. Pastikan desktop dan ponsel terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Namun, ini juga berfungsi jika desktop terhubung melalui ethernet.

4. Pada aplikasi Android, kamu akan melihat beberapa angka setelah WiFi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka-angka ke PC yang tertulis ‘Device IP’ dan ‘DroidCam Port’. Pastikan Video dan Audio dicentang. Tekan ‘Start’.

5. Kemudian, buka pengaturan aplikasi video conference dan ubah input kamera dan mikrofon ke DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.

Sudah deh, harusnya kamera dan audio sudah terkoneksi dengan ponsel Android milik kamu. Oh iya, sebagai catatan nih, DroidCam tidak berfungsi dengan aplikasi yang diunduh dari Microsoft Store misalnya Skype.