Tips & trik

Tips Mengatasi Ghost Touch di Smartphone

Ghost Touch adalah istilah yang diambil dikarenakan layar sentuh pada smartphone beroperasi sendiri tanpa kita sentuh. ini merupakan salah satu problem yang sering terjadi di smartphone. Hampir disetiap smartphone Android, iOS, Windows Phone, entah dari smartphone kelas Low-end maupun pada High-end bisa saja mengalami hal seperti ini (Ghost Touch). Kejadian Ghost Touch memang tidak bisa kita hindari, tapi tenang, ada beberapa cara untuk mengatasi Ghost Touch pada smartphone.P

Sebelumnya, permasalahan Ghost Touch bukanlah hal yang terjadi secara tiba-tiba, pasti ada penyebab yang mengakibatkan Ghost Touch ini muncul pada smartphone anda. Permasalahan Ghost Touch bervariasi antara smartphone yang satu dengan yang lainya. Dalam kasus yang lebih parah, masalah tersebut terjadi karena rusaknya salah satu hardware dengan layar yang bertempat di dalam casis dari smartphone anda.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Ghost Touch?

1. Reboot atau Restart Smartphone

Langkah pertama dan yang paling mudah adalah lakukan reboot atau restart dulu. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan kinerja dari smartphone anda.

2. Kerusakan Pada Charger

Saat anda sedang mengecas ponsel dan layarnya bergerak sendiri, mungkin Ghost Touch pada smartphone anda diakibatkan oleh rusaknya charger yang anda pakai. Segera cek keadaan charger anda agar tidak merusak ponsel jika selalu digunakan, dan jika benar charger anda yang bermasalah, sangat disarankan untuk membeli charger original yang sesuai dengan brand/tipe smartphone anda.

3. Kerusakan Pada Layar atau LCD

Cara lain mengatasi layar smartphone yang bergerak sendiri adalah dengan mengecek apakah ada kerusakan pada layar atau LCD ponsel anda. Karena bisa saja layar ponsel anda terkena percikan air yang merembes ke dalam ponsel mengakibatkan layar bergerak dengan sendirinya. Jika sudah begini, sebaiknya ganti layar LCD anda agar tidak menyerang ke perangkat yang lainnya.

4. Bersihkan Pelindung Layar

Pelindung layar yang kotor juga bisa menjadi penyebab terjadinya Ghost Touch pada smartphone. Maka hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi Ghost Touch ini adalah dengan melepaskannya, kemudian bersihkan layar smartphone anda secara menyeluruh dan mengganti pelindung layar dengan yang baru.

5. Baterai Rusak atau Baterai Kehabisan Daya

Di dalam beberapa kasus, Ghost Touch dapat terjadi disaat baterai pada smartphone hampir habis. Segeralah untuk mengisi daya atau mengecas baterai smartphone anda. Apabila Ghost Touch masih terjadi, cobalah periksa keadaan baterai anda, jika kondisi baterai menggelembung, maka segeralah mengganti baterai smartphone anda agar tidak merembet pada komponen yang lainnya.

6. Layar dalam Keadaan Panas

Layar touchscreen dalam keaadan panas memungkinkan perangkat di dalam ponsel akan terasa lebih panas, dikarenakan semua perangkat memiliki batas toleransi panas agar bisa bekerja secara normal. Apabila hal ini dipaksakan akan menimbulkan terjadinya Ghost Touch dan dapat merusak perangkat ponsel anda. Jika demikan, cobalah untuk menghentikan pemakaian ponsel sementara agar suhu kembali normal.

7. CPU & RAM Bekerja Secara Berlebihan

Jika penyebab Ghost Touch pada ponsel anda karena CPU dan RAM bekerja secara berlebihan, maka cara mengatasi layar smartphone yang bergerak sendiri adalah dengan mengurangi multitasking, maksudnya jangan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone. Karena hal tersebut dapat membuat performa ponsel jadi tidak stabil dan mengakibatkan Ghost Touch.

8. Atur Ulang Kalibrasi Layar

Untuk melakukan pengaturan ulang kalibrasi layar, masuk pada display settings (lokasi pengaturan pada setiap smartphone berbeda-beda). Kemudian atur ulang pada menu kalibrasi yang tersedia. Sebagai alternatif, jangan mengaktifkan fitur Auto Rotation.

Jika pengaturan kalibrasi pada smartphone anda tidak ada di bagian display settings, maka cobalah anda menginstal aplikasi SwiftKey Keyboard, dalam aplikasi tersebut terdapat pengaturan yang bernama Touch Input, disitu anda dapat mengatur ulang kalibrasi layar smartphone anda.

9. Lakukan Factory Reset (Kembali Ke Setelan Pabrik)

Apabila smartphone anda masih mengalami Ghost Touch, lakukanlah Factory Reset jika langkah demi langkah di atas belum menunjukan kata berhasil. Namun yang harus anda perhatikan adalah Factory Reset akan membuat tampilan smartphone anda akan kembali seperti pertama kali anda membelinya alias baru. Jadi, semua data maupun aplikasi yang tersimpan di dalam perangkat akan hilang. Sebagai catatan anda harus membackup data terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

10. Tukar Smartphone Jika Masih Bergaransi / Beli yang Baru

Pilihan terakhir jika semua solusi diatas tidak membuahkan hasil adalah dengan menukar smartphone anda (jika masih bergaransi) atau membeli smartphone yang baru. Mengapa demikian? ini dikarenakan smartphone anda telah mengalami kerusakan pada salah satu hardware dengan layar yang membuat Ghost Touch ini tidak bisa diminimalisir.

Sumber :HITECH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 5 =