Tips & trik

Tips Merawat Mobil di Rumah

Larangan mudik kemarin masih berguna untuk mengurangi risiko penularan dan penyebaran virus corona alias Covid-19. Maka dari itu, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk mengistirahatkan mobil sekaligus merawatnya di rumah.

Agar perawatan optimal, pemilik harus memperhatikan beberapa aspek. Nah berikut adalah tipsnya :

  1. Perhatikan Lokasi Parkir : Mobil sebaiknya terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan air hujan karena itu bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam dan memudar.
  2. Cuci Mobil hingga Bersih : Cucilah mobil secara rutin dan jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam juga ya, agar mesin awet dan mencegah masuknya binatang liar.
  3. Jangan simpan barang di mobil : Untuk menghindari kejadian yang tidak terduga, seperti kebakaran dan kemalingan. Pastikan untuk tidak menyimpan barang berharga dan barang yang mudah menyulut kebakaran di mobil.
  4. Perhatikan Tekanan Angin Ban : Karena tekanan angin ban mobil yang berdiam dirumah akan cepat berkurang, sebaiknya mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi daripada yang di sarankan pabrikan sekitar 5 PSI.
  5. Hindari rem Parkir dan Isi penuh Tangki Bensin : Untuk menghindari kasus kampas rem menempel kuat di dalam teromol rem karena mobil parkir terlalu lama. Jangan biarkan tangki bahan bakar mobil kosong, karena dapat mengakibatkan oksidasi dan memunculkan karat.
  6. Panaskan dan Jalankan Mobil : Panaskan mesin mobil seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Kendarai mobil agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu pada satu titik.
  7. Waspada Kebocoran : lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Nah semoga tips ini bermanfaat ya, jangan lupa untuk di coba 🙂