Informasi

WHO Resmi Tetapkan Kecanduan Game sebagai Gangguan Mental

Baru baru ini kecanduan game diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai gangguan kesehatan mental. Penyakit ini muncul dalam sebuah rujukan tentnag penyakit yang dapat didiagnosis atau International Statistical Classification (ICD).

Gaming disorder alias kecanduan gim video resmi ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai gangguan kesehatan mental, Sabtu (25/5). Sementara itu, Indonesia jadi tuan rumah final kompetisi gim daring PUBG se-Asia Tenggara.

Definisi gaming disorder menurut WHO adalah Pola perilaku main gim yang ditandai dengan gangguan kontrol terhadap permainan, peningkatan prioritas yang diberikan untuk gim di atas minat lain dan kegiatan sehari-hari, dan kelanjutan bermain gim dengan mengesampingkan konsekuensi negatifnya.

Yang dapat digambarkan sebagai kecanduan game digital dan video sebagai pola perilaku gamer terus menerus atau berulang yang menjadi begitu luas sehingga diutamakan daripada kepentingan hidup lainnya.

Ahli WHO tentang kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, Shekhar Saxena mengatakan beberapa kasus terburuk yang terlihat dalam penelitian global adalah gamer bermain hingga 20 jam sehari, tidak tidur, makan, bekerja atau sekolah dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Dia menekankan bahwa hanya sebagian kecil orang yang bermain game digital dan video yang akan mengembangkan masalah, tetapi mengatakan pengakuan tanda-tanda peringatan dini dapat membantu mencegahnya.

Dia juga menambahkan bahwa hanya jika perilaku seperti itu berlangsung selama sekitar satu tahun baru diagnosis sebagai potensi gangguan.

Menanggapi keputusan untuk memasukkan kecanduan game ke kelompok lobi industri mengatakan produk mereka dinikmati dengan aman dan masuk akal oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia di semua jenis genre, perangkat, dan platform.

Ia menambahkan bahwa nilai edukasional, terapeutik, dan rekreasi dari permainan itu beralasan dan diakui secara luas dan mendesak WHO untuk mempertimbangkan kembali. ICD, yang telah diperbarui selama 10 tahun terakhir, mencakup 55.000 cedera, penyakit, dan penyebab kematian. Ini membentuk dasar bagi WHO dan para ahli lainnya untuk melihat dan merespons tren kesehatan.

Sumber : oke techno


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *