Tips & trik

Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi

WiFi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era modern. Buktinya bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat pergi ke kafe, yang pertama kali ditanya bukan alamat kafe atau menu makanan, tetapi ada tidaknya koneksi WiFi. Segitu pentingnya WiFi dalam kehidupan, tak jarang menyebabkan banyak orang candu.

Sayangnya, koneksi WiFi sering lambat, sehinggaaktivitas download atau streaming menjadi terganggu.  Jika kalian sering menghadapi koneksi WiFi yang lambat, tidak perlu lagi khawatir karena ada banyak cara untuk mempercepat koneksi WiFi yang lambat dengan mudah.

Instalasi Wifi Switcher

Anda bisa mencari aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan nama yang sama. Pilih aplikasi switcher yang dikelola oleh Cloudie Development, kemudian unduh.

Setelah selesai mengunduh, akan muncul sebuah notifikasi. Pilih menu “izinkan” agar aplikasi WiFi Switcher berfungsi di smartphone milikmu. Buka aplikasi, lalu klik menu yang disediakan agar koneksi WiFi segera lancar.

Jauhkan dari Perangkat Wireless

Sinyal WiFi bisa juga dihambat oleh perangkat wireless seperti speaker Bluetooth dan monitor bayi. Jadi sebisa mungkin jauhkan router dari gangguan perangkat lain.

Ganti Router yang Usang

Jika kalian menggunakan router lama, misalnya yang menggunakan standar 802.11n, router tersebut memiliki batas bandwidth yang cukup rendah. Jadi, sebisa mungkin upgrade router kalian dengan router yang memiliki standar terbaru yaitu 802.11ac yang bisa mendukung bandwidth hingga 1Gbps.

Mengubah Setting DNS Komputer

DNS adalah menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah pengaturan DNS pada komputer melalui DNS Google. Apabila setelah perubahan koneksi internet masih lambat, sebaiknya lakukan reset jaringan dan flushing DNS.

Caranya: klik kanan > pilih menu run administrator > ketik flushdns > tekan enter, lalu coba akses internet berulang kali.

Gunakan Password

WiFi yang diamankan dengan password tentu akan terhindar dari tetangga nakal yang ingin menumpang menggunakan WiFi secara gratis. Pastikan juga password kalian menggunakan enkripsi WPA2 agar lebih sulit dibobol oleh orang lain.

Reboot Router

Boot ulang router secara reguler merupakan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan WiFi di rumah. Jangan hanya reboot router saat kalian merasa koneksi WiFi sedang lambat, lebih baik untuk mengatur jadwal otomatis agar router bisa restart sekali dalam sehari atau seminggu.

Semoga tips diatas dapat membantu mempercepat wifi Anda. Selamat mencoba.

Sumber : detikinet



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + four =