Informasi

Batas Minimal Usia Anak Menggunakan Smartphone

Berapa usia anak yang tepat saat harus diberikan telepon genggam? Pada kenyataannya pertanyaan tersebut selalu menjadi perdebatan antara orangtua.

Psychotherapist dan penulis buku The Self Aware Parent, Frand Walfish, Psy.D. mengatakan, usia minimal anak memiliki handphone adalah 10, namun idealnya adalah 12 atau 13 tahun.

Sebenarnya, boleh saja mengizinkan anak menggunakan smartphone, tetapi harus diingat kalau orangtua juga harus mengawasi.

Dilansir dari Times of India, Senin (5/11/2018), pendiri Microsoft Bill Gates memberikan penjelasan waktu yang aman untuk usia anak menggunakan smartphone atau gadget.

Salah satu orang terkaya di dunia itu menekankan, pada faktanya anak-anak seharusnya tak diizikan untuk memiliki smartphone sendiri hingga mereka berusia 14 tahun.

Anak-anak Gates sendiri yang berusia 20, 17, dan 14 tahun, saat ini tak memiliki smartphone hingga mereka duduk di bangku sekolah menengah atas.

Jika metode dari Bill Gates tersebut tampak terlalu ketat untuk kamu, coba simak penelitian yang bertajuk Anaka & Teknologi: Evolusi Pribumi Digital Saat Ini yang diterbitkan pada 2016.

Menurut laporan, usia rata-rata di mana seorang anak mendapatkan smartphone pertamanya adalah 10 tahun.

Laporan itu juga menunjukan jika 50 persen anak-anak telah mendapat akun media sosial, termasuk Facebook dan Instagram pada usia rata-rata 11 tahun.

Atur Waktu Penggunaan Gadget
Selain itu, sangat penting bagi orang tua mengatur waktu untuk anak-anak mereka dalam menggunakan gadget dan memastikan jika istirahat mereka tak terganggu karena gadget.

Namun, yang sering dilupakan oleh para orang tua adalah tak bisa meminta anak-anak untuk tak melakukan sesuatu. Padahal, anak-anak cenderung mengikuti tingkah laku apa yang dilihatnya.

Kamu tentu harus mencoba untuk menentukan batasan pemberian smartphone pada anak dan membatasi waktu penggunaanya.

Dalam hal ini, kamu harus memberikan contoh kepada anak dengan tidak menggunakan smartphone dalam waktu yang berlebihan, karena anak-anak biasanya akan melakukan hal yang sama dengan orangtuanya.

Sumber : LIPUTAN6

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *