Informasi

3 Fitur Baru WhatsApp Business

Pandemi virus corona Covid-19 membuat banyak orang berjualan di online. Facebook mau bantu kamu buat jualan online lewat dua fitur baru  WhatsApp Business.

WhatsApp Business kedatangan tiga fitur baru yang akan membantu para pemilik bisnis. Tiga fitur tersebut adalah QR Code, Berbagi Katalog dan paket Stiker Bisnis, dikutip dari detikinet, berikut adalah penjelasannya :

QR Code

Dengan QR Code, pelanggan makin mudah memulai chat. Sebelumnya, ketika pengguna menemukan akun bisnis yang menarik, mereka harus menambahkan akun WhatsApp bisnis tersebut sebagai kontak dengan mengetik nomor telepon satu per satu secara manual.

Sekarang, pengguna cukup memindai kode QR yang ada di etalase toko, kemasan produk, atau struk belanja untuk memulai chat dengan sebuah bisnis.

Setelah memindai kode QR, pelanggan akan langsung diarahkan ke halaman chat, baik kosong maupun telah berisi pesan otomatis yang telah disiapkan oleh bisnis tersebut (opsional). Fitur pesan otomatis ini dapat diatur untuk memudahkan pelanggan memulai percakapan.

Selain itu, admin akun bisnis juga bisa mengatur pengiriman katalog sebagai salah satu bentuk respon kepada pelanggan.

WhatsAppWhatsApp Business QR Code Foto: WhatsApp

Berbagi Katalog

Katalog memungkinkan bisnis untuk menampilkan dan membagikan informasi produk atau layanan mereka, yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Sejak diluncurkan tahun lalu, katalog telah menjadi salah satu cara yang paling disukai oleh pengguna WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Faktanya, setiap bulan ada lebih dari 40 juta pengguna di dunia melihat katalog bisnis melalui WhatsApp. Untuk mempermudah pengguna menemukan produk dari suatu bisnis, pengguna WhatsApp Business kini bisa membuat tautan untuk seluruh katalognya maupun per produk.

Tautan ini dapat dibagikan di situs bisnis, Facebook, Instagram, dan media lainnya. Sehingga, jika ada pelanggan yang ingin membagikan katalog atau suatu produk bisnis dengan teman atau keluarga, mereka cukup menyalin tautan tersebut lalu mengirimnya di WhatsApp atau media lainnya.

WhatsAppStiker WhatsApp Business/ Foto: WhatsApp

Stiker Bisnis

WhatsApp juga meluncurkan paket stiker ‘Bisnis Kami Buka’ untuk membantu komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat. Ada beberapa paket stiker animasi pertama kami dan telah tersedia untuk lebih dari dua miliar pengguna kami di seluruh dunia, serta 50 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business.

Paket stiker ‘Bisnis Kami Buka’ adalah koleksi unik yang menampilkan desain baru rancangan tim desainer WhatsApp dan koleksi stiker khusus untuk pengguna Indonesia karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, TEMPA.