Informasi Tips & trik

7 Tips Sehat Untuk Berbuka Puasa

tips&trik_minggu_id (1)

1. Disegerakan untuk berbuka
Ketika kamu berpuasa dan adzan maghrib telah dikumandangkan, maka segeralah untuk mengambil makanan maupun minuman untuk membatalkan puasa kamu. Karena menundanya tanpa alasan yang pasti sangat tidak disarankan. Sahl bin Sa’ad -radhiyallahu ‘anhu- meriwayatkan bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Orang-orang akan terus berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” [HR Al Bukhari dan Muslim]
Nah, tunggu apalagi untuk membatalkan puasa. Disegerakan yuk!

2. Berbuka dengan kurma dan segelas air
Kurma merupakan buah favorit ketika untuk membatalkan puasa. Selain mengandung berbagai banyak nutrisi, juga umat Muslim ikut meneladani perilaku Rasul. Hehe. Dobel shot brarti kan. Sekali melangkah 2 3 pulau terlampaui, ibaratnya begitu. Salman bin Amir Radhiallahu anhu bercerita bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan. (HR At Tirmidzi)

3. Hindari makanan gorengan dan makanan pedas
Nah ini yang biasanya menjadi penyakit kalangan muda maupun orang orang yang berpuasa. Sedikit sudah dijelaskan di atas bahwa makanan enak belum tentu sehat, makanan sehat belum tentu enak. Hehe. Siapa yang tidak suka gorengan? Paling juga orang yang sedang sakit radang tenggorokan pasti tidak mau. Siapa yang tidak suka makanan pedas? Hanya orang orang tertentu yang tidak mau lambung atau ususnya sakit gara gara sering makan makanan pedas.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat
Ketika berbuka sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Selain mengganti nutrisi yang hilang juga memberikan efek kenyang pada perut. Perut kenyang, badan pun sehat. Berbeda dengan gorengan, perut sehat, pencernaan terganggu. Hoho. Karbohidrat sebagai salah satu bahan bakar di dalam tubuh, jadi jangan lupa makan makanan yang mengandung karbohidrat ya.

5. Jangan berlebihan ketika berbuka
Berlebihan ketika berbuka juga tidak baik untuk kesehatan. Badan yang tidak diberi asupan makanan selama kurang lebih 12 jam akan kaget ketika mendapat asupan yang tidak normal. Berbagai makanan masuk, minum es berbagai macam, gorengan pun ikut masuk. Kemudian perutmu akan kekenyangan, dan aktivitasmu pun akan terganggu. Selain itu juga terlalu banyak makan tidak sesuai dengan porsinya akan membuat organ di dalam tubuh cepat loyo alias rusak. Bisa bisa kamu nanti jadi sakit.

6. Meminum dan mengonsumsi lebih banyak cairan
Ketika berbuka puasa disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mudah untuk dicerna. Minumlah air secukupnya untuk mencegah dehidrasi. Air juga membantu untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Selain itu juga kamu bisa minum jus buah yang dapat memberikan tambahan vitamin ke dalam tubuh. Sayur sop, atau sayur bayam juga kaya akan protein dan zat besi untuk memberi nutrisi pada otot agar tidak cepat lelah.

7. Berbagi makanan dalam berbuka puasa
Nah untuk yang satu ini sangat disarankan bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa. Berbagi makanan kepada sesama ketika berbuka puasa merupakan hal yang sangat luar biasa. Selain menambah pahalamu juga dapat menyambung tali silaturahim antar sesama umat manusia. Ada pepatah mengatakan bahwa berbagi itu indah, so melihat orang tersenyum gembira pun akan menjadi nilai plus dalam kehidupanmu di dunia ini. Hehe.
Semoga 7 tips sehat berbuka puasa yang telah dijabarkan secara jelas dapat membuat puasa kamu lebih bermakna dan tentunya juga menyehatkan badanmu.

Sumber : http://cumibunting.com/7-tips-sehat-untuk-berbuka-puasa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *