Informasi

Awas! 9 Aplikasi Android Ini Dapat Akses Akun Google dan Facebook Anda

Saat ini sangat banyak developer aplikasi di Android yang membuat sebuah aplikasi berisi malware jahat dan mempublikasikannya ke Google Play Store demi mendapatkan lebih banyak korban.

Baru-baru ini Trend Micro telah berhasil menemukan 9 aplikasi Android berbahaya di Google Play Store yang dikatakan mampu mengakses akun Google dan Facebook milik pengguna tanpa pemberitahuan sama sekali.

Perusahaan keamanan siber asal Jepang itu juga mengatakan, malware ini menyembunyikan diri di dalam aplikasi seperti “Speed Clean” atau “Super Clean”.

Dengan kata lain, pelaku kejahatan menyembunyikan malware mereka sebagai aplikasi atautools yang mampu mengoptimalkan performa smartphone dengan membersihkan file tak berguna.

Berikut ini adalah 9 malware berkedok aplikasi Android di Play Store

  1. Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler
  2. Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler
  3. Super Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & CPU Cooler
  4. Quick Games-H5 Game Center
  5. Rocket Cleaner
  6. Rocket Cleaner Lite
  7. Speed Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & App Manager
  8. LinkWorldVPN
  9. H5 gamebox

Alih-alih meningkatkan performa, kesembilan aplikasi ini malah mengunduh lebih dari 3000 varian malware ke smartphone yang terinfeksi.

Aplikasi tersebut akan dapat mengakss akun Google dan Facebook para korban untuk menampilkan iklan dari platform yang sah, seperti Google AdMob atau Facebook Audience Network.

Nantinya, pelaku akan mensimulasikan klik terhadap iklan yang muncul untuk mendulang uang tanpa sepengetahuan korban.

Aplikasi palsu itu juga akan meminta kepada pengguna untuk memberikan akses saat menonaktifkan Play Protect, program keamanan di Google Play Store.

Dengan begini, pelaku juga bisa mengunduh lebih banyak software berbahaya tanpa diketahui oleh korbannya.

Berdasarkan pantauan di Google Play Store, saat ini 9 aplikasi tersebut sudah dihapus oleh pihak Google. Buat Anda yang sudah terlanjur menginstall aplikasi tersebut disarankan untuk langsung menghapusnya dari smartphone.