Mau Hemat di Bulan Ramadhan? Ikuti 6 Cara Ini

tips&trik_minggu_id

Pada saat bulan Ramadhan, berbagai harga barang kebutuhan pokok melonjak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Belum lagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar dengan sampul “reuni”, yang tadinya kita berpikir bisa menghemat pengeluaran karena intensitas makan berkurang malah kecolongan dengan berbagai hal yang di luar dugaan kita.

Hal ini tentu menjadi sedikit masalah bagi kita, sebab kita harus siap dan rela berbelanja lebih mahal tapi mendapatkan kebutuhan dalam jumlah yang relatif sedikit. Ada beberapa trik dan tips yang akan dapat Anda gunakan untuk bisa mengendalikan pengeluaran selama bulan ramadhan. Berikut ulasannya:

1. Belanja Dalam Jumlah Besar
Berbelanja dalam jumlah besar sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika sebelumnya Anda terbiasa untuk berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar dan sekali selesai.

2. Kurangi Kegiatan Berbuka di Luar Rumah
Pilah-pilih tawaran yang ingin Anda datangi di reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja di mana Anda sempat mengabdikan diri. Itu hanya undangan, bukan sebuah pengumuman rapat tahunan. Anda tidak diwajibkan untuk datang.

3. Buat Cemilan Sendiri
Kalau Anda sangat menginginkan kue sementara pengeluaran Anda sangat terbatas, siasati dengan cara membuatnya sendiri. Di zaman internet ini, informasi apapun bisa Anda temukan. Cobalah mencari resep kue kering yang Anda inginkan dan buat sendiri kue tersebut. Hal ini akan memuaskan Anda tanpa membuat pengeluaran Anda membengkak.

4. Jaga Kualitas dan Pola Makan
Di bulan istimewa puasa ramadhan menjaga kualitas dan pola makan sangat penting, yang penting gizinya terpenuhi, bukan hanya masalah cita rasa makanan. Tentu Anda harus pintar dalam mengolah dan menyajikannya agar masakan sahur maupun buka puasa mampu memenuhi gizi yang cukup bagi seluruh anggota keluarga. Dengan pola yang seperti ini, bukan tidak mungkin pengeluaran Anda mampu ditekan.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon
Bagi Anda pengguna kartu kredit dan debit, momen seperti ini tentunya akan sangat menguntungkan Anda karena biasanya bank justru akan memberikan promo dan diskon guna merangsang transaksi konsumen dengan kartu kredit.

6. Sesuaikan Kebutuhan Dengan Kemampuan
Salah satu cara merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan hawa nafsu adalah mengenakan baju baru di hari raya. Boleh saja membeli baju baru, asalkan Anda tetap memperhitungkan kemampuan dana Anda supaya tidak sampai harus berhutang demi terlihat keren di mata sanak saudara dan tetangga.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/mau-hemat-di-bulan-ramadhan-ikuti-6-cara-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =