Tips & trik

Tips Membersihkan Earphone Kotor

Earphone adalah salah satu alat elektronik yang selalu butuh “pasangan”. Yang artinya perangkat ini tidak bisa bekerja secara mandiri, dia butuh alat pendamping seperti “smartphone, laptop dan pemutar MP3”. Earphone juga disebut pengganti speaker.

Menggunakan earphone memang mengasyikan. Anda yang suka memakai earphone sebaiknya mulai mengurangi intensitas penggunaan selama lebih dari 4 jam berturut-turut. Kenapa tidak boleh menggunakan earphone terlalu lama? Selain berbahaya bagi kesehatan telinga, earphone juga rentan terkena kuman dan bakteri.

Maka dari itu earphone harus rutin dibersihkan, agar bakteri tidak membahayakan kesehatan telinga. Lalu bagaimana cara membersihkannya ?

Sikat Permukaan

Sebelum anda menyikat permukaan sebaiknya anda melepaskan earbud terlebih dahulu, arahkan bagian bawah earphone kebawah lalu anda sudah bisa menyikatnya.

Bersihkan dengan cottonbuds dan alkohol

Setelah disikat, Anda dapat membersihkan earphone dengan cottonbuds yang dibasahi oleh alkohol. Cara ini membantu mensterilkan permukaan dan menghilangkan sisa kotoran telinga di earphone. Akan tetapi, jangan sampai membuat cottonbuds menjadi sangat basah. Itu bisa dapat membuat cairan alkohol masuk dan merusak earphone.

Keringkan Kapas atau Tisu

Setelah itu, keringkan dengan kapas atau tisu agar kotoran yang tersisa bisa terambil.

Cuci Earbuds

bersihkan earbuds dengan menggunakan sabun cuci piring yang telah dicampur dengan air hangat. lalu gunakan lap yang halus untuk membersihkannya.

Bersihkan Kabel

Bersihkan kabel dengan menggunakan kapas yang telah di tetesi minyak kayu putih atau bisa dengan baby oil lalu gosokkan kapas dengan kabel mengikuti alur kabelnya.

Semoga tips ini bermanfaat ya, selamat mencoba.

Sumber : oketechno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =