Kiat Praktis menjadi Public Speaker

Kiat Praktis menjadi Public Speaker

Demam panggung adalah hal biasa jika seseorang baru memulai presentasi. Semakin sering kamu tampil di depan umum, demam panggung berangsur-angsur bisa hilang dari dirimu. Tapi untuk menjadi pembicara yang efektif, terbiasa saja tidak cukup. Kamu juga harus tahu bagaimana caranya tampil dengan benar sehingga audiens mau mendengarkanmu.

Berikut ini kiat-kiat yang bisa kamu terapkan:

Jangan Takut Gagal
Gugup itu biasa dan kadang membuat apa yang telah kita persiapkan menjadi buyar. Bila kamu merasakannya ubahlah itu menjadi semangat dengan penuh energi.

Siapkan kerangka materi
Buatlah catatan yang cukup untuk merangkum topik atau kerangka materi dari awal hingga akhir.

Bicaralah perlahan
Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pembicara berbicara dengan cepat karena merasa harus menyampaikan semua materi sesegera mungkin. Berbicaralah dengan perlahan, bahkan lebih lambat dari cara bicaramu yang biasanya untuk memastikan setiap kata yang keluar dari mulutmu sampai di telinga penonton.

Lakukan kontak mata
Kontak mata dengan hadirin bisa membuat pembicaraanmu terasa lebih personal, sehingga mereka terdorong untuk mendengarkan lebih saksama. Public speaking terasa lebih santai apabila kamu memiliki kenalan di antara para penonton, karena kenalan memberikan rasa aman.

Niatkan untuk memberi
Apa pun materi yang kamu bawakan, selalu niatkan pembicaraanmu untuk memberi manfaat bagi para hadirin. Gaya bicaramu akan berbeda bila kamu tampil dengan niat untuk pamer atau menunjukkan betapa hebatnya dirimu, dibandingkan bila kamu punya niat tulus untuk membantu. Dan percayalah, hadirin bisa merasakannya.

Ucapkan terima kasih
Berbicara adalah sebuah pertunjukan. Bila kamu pernah tampil dalam suatu pertunjukan, kamu pasti tahu bagaimana puasnya berhasil memberikan pertunjukan yang apik kepada para penonton. Akhiri pembicaraanmu dengan ucapan terima kasih untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai para pendengar.

Dikutip dari : https://id.techinasia.com/kiat-menjadi-public-speaker-efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =