Berita

Minggu Ini Puncak Hujan Meteor Perseid

Minggu Ini Puncak Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor Perseid kembali muncul. Dimulai sejak 17 Juli hingga 24 Agustus 2018, masa puncaknya pada akhir pekan ini, Minggu, 12 Agustus, yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia. Tentu, bagi para pecinta alam, suguhan pertunjukan spektakuler ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Hujan meteor perseid merupakan fenomena alam yang kerap dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Dinamakan Perseid karena karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

Hujan meteor Perseid ini dapat dijumpai pada 11-12 Agustus. Diperkirakan, akan ada sekitar 60-70 meteor per jamnya yang menghiasi langit malam dan waktu yang terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Perseid ini pada pukul dua dini hari waktu setempat.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memberikan imbauan kepada yang mereka yang ingin melihat puncak hujan meteor Perseid ini, yakni menghindari polusi cahaya, misalnya di daerah perkotaan hingga pinggirannya.

“Terlalu banyak cahaya itu akan menyulitkan penglihatan Anda untuk melihat meteor, terutama yang memfoto, hasilnya akan dibanjiri cahaya,” ujar NASA.

Sumber : detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =