Informasi

Jaringan Wifi Kantor Rentan Diretas, Sebut Kaspersky

Jaringan nir kabel di perusahaan perusahaan disebut rentan untuk diretas. Sejumlah peneliti Kaspersky lab mengatakan jaringan nirkabel yang dipakai perusahaan rentan untuk diretas melalui kata sandi router wifi dan mekanisme perlindungan jaringan lainnya.

Kerentanan itu muncul lantaran banyaknya perusahaan yang tidak menginstalasi “patch” atau sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mencegah bug.

Adapun temuan lainnya tidak semua perusahaan menggunakan kata sandi yang rumit, unik dan kompleks pada jaringan nirkabel. Kaspersky menilai bagi perusahaan yang telah menggunakan jaringan wifi yang berbeda untuk karyawan dan tamu merupakan bentuk pencegahan untuk menghindari atau menghadang serangan firmware.

Namun, jika jaringan nirkabel itu tidak terkonfigurasi dengan benar maka bakal mengancam karyawan tanpa disadari. 

Kaspersky mencontohkan jika karyawan ingin mengakses sumber daya jaringan yang diblokir oleh kebijakan perusahaan, karyawan tetap menghubungkan laptop mereka dengan data rahasia ke jaringan WiFi khusus tamu. Hal itu membuat pelaku kejahatan siber dapat melakukan serangan man-in-the-middle dan menginfeksi laptop karyawan dengan malware.

“Guna mencegah kerentanan tersebut, kami memberikan sejumlah opsi yakni perbarui firmware router WiFi dan titik akses. Para produsen terus-menerus memperbaiki kerentanan, jangan pernah beranggapan bahwa sesuatu yang berfungsi adalah aman,” kata Gonzales.

Selain itu, terapkan kata sandi yang unik, panjang dan rumit untuk mengakses jaringan WiFi. Kaspersky menyarankan untuk memilih nama jaringan yang tidak biasa dan sulit ditebak sehingga dapat mengelabui para peretas. 

Sumber : CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − nine =