Informasi

Kini Facebook Sediakan Fitur Petisi

Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang sudah banyak penggunanya. Berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Baru – baru ini Facebook meluncurkan fitur baru yang bernama “Community Action” (Aksi Komunitas). Fitur ini kurang lebih merupakan petisi online mirip Change.org, namun dibesut oleh Facebook dan beredar di dalam jejaring sosial tersebut.

Petisi yang dibuat akan tersebar langsung di News feed atau sering disebut linimasa, pengguna juga bisa menyebarkan atau berbagi dengan teman maupun publik.

Pengguna juga bisa menyuarakan testimoninya atas isu yang diangkat di kolom komentar. Tentu saja, meski bertujuan positif, fitur ini bisa disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita bohong atau ujaran kebencian.

Untuk mengantisipasinya, Facebook akan mengatasi semua petisi dari Community Action yang beredar di situsnya. Akan ada beberapa moderator atau pengawas manusia, yang berarti akan mengawasi secara manual, dibantu dengan deteksi algoritma.

Tidak cuma itu, hanya mereka yang mendukung petisi itu lah yang memiliki akses, seperti memberikan testimoni atau sebagainya. Sehingga, mereka yang belum atau tidak mendukung isi petisi tak bisa menuliskan testimoninya yang mungkin saja berseberangan. 

Selain itu fitur ini juga dilengkapi beberapa opsi yang memungkinkan penggunanya untuk mengikuti petisi, mengundang teman, membagikan petisi atau hanya memberikan langsung petisi tersebut.

Beberapa petisi sudah banyak beredar di Facebook, seperti petisi moratorium pengeboran baru di Colorado, Amerika Serikat, atau permintaan pengadaan penyebrangan jalan di Philadelphia.

Community Action akan segera diluncurkan di AS, setelah diuji coba beberapa minggu. Belum ada informasi apakah fitur ini akan tersedia di negara lain atau tidak.

Sumber : <a href=”https://tekno.kompas.com/read/2019/01/21/16310007/facebook-punya-fitur-untuk-membuat-dan-menyebarkan-petisi-online” target=”_blank”>Kompas.com</a>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =